Peristiwa Daerah

Wawali Probolinggo Disidang Kamis Ini

Selasa, 20 September 2016 - 09:35 | 31.07k
ILUSTRASI Korupsi Kasus DAK. Ilustrasi/Foto: newsliputan6
ILUSTRASI Korupsi Kasus DAK. Ilustrasi/Foto: newsliputan6

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wakil Wali Kota (Wawali) Probolinggo Suhadak, bakal disidang dalam kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2009 di Pengadilan Tipikor, Surabaya, Kamis (22/9/2016) ini.

Kepastian itu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kota Probolinggo, Herman Hidayat, Selasa (20/9/2016). "Jadwal sidang sudah kami terima, tapi hanya untuk satu tersangka. Yang dua, belum (ada jadwal)," katanya.

Dua tersangka lain yang dimaksud, yaitu mantan Wali Kota Probolinggo selama dua periode, HM Buchori; dan konsultan DAK 2009, Direktur CV. WIEC, Sugeng Wijaya. Padahal, berkas ketiga tersangka dilimpahkan bersamaan ke Pengadilan Tipikor, 8 September lalu.

"Kemarin (Senin), Kasi Pidsus langsung ke Surabaya (Pengadilan Tipikor), terkait jadwal sidang dua tersangka lain," ujar Herman kepada TIMESIndonesia. Saat kasus mencuat, Suhadak belum menjadi wawali.

DAK Pendidikan 2009 sendiri sebesar Rp 15,9 Miliar. Dana itu, digunakan untuk dua keperluan: Pengadaan mebeler Rp 1,8 miliar bagi 70 SD se-Kota Probolinggo, dan pengadaan bangunan Rp 13,2 miliar. Penggunaan dana itu, diyakini sarat penyelewengan.

Kasus ini, telah menyeret banyak pihak. Selain Buchori, Suhadak dan Sugeng Wijaya, mereka yang tersangkut adalah Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Maksum Subani, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang juga Kabid Pendidikan Dasar tahun 2009 Masdar, Konsultan Hari Purwanto dan Didik Supriyanto.

Kemudian ada nama Ahmad Napon Wibowo selaku penyedia mebel. Lima nama yang disebut terakhir, telah dijebloskan ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Probolinggo. Ada juga nama Rudiono, penyedia mebel lainnya. Rudiono kini berstatus sebagai DPO Kejagung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES