Peristiwa Nasional

Jokowi: Berkat Gontor, Indonesia Mampu Bersaing

Senin, 19 September 2016 - 18:03 | 28.01k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Presiden RI, Joko Widodo menyebut Indonesia mampu bersaing di era persaingan antarnegara salah satunya karena kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

"Dari sisi persaingan sudah ditunjukkan bahwa alumuni Gontor bisa bersaing. Inilah kualitas yang saya ingin jaga, dijaga agar persaingan antar negara bisa kita menangkan," ujarnya pada resepsi syukuran peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, Senin (19/9/2016).

Menurut presiden, Pondok Gontor telah terbukti melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Itu membuktikan reputasi Gontor tak hanya nasional, tapi mendunia.

"Tadi Pak Gubernur (Soekarwo) terima kasih di Jatim sudah ada Gontor. Saya juga, karena di Indonesia sudah ada Pondok Gontor. Jangan kalah dengan gubernur," kelakarnya.

Di kesempatan yang sama, presiden kembali mengingatkan jika kompetisi antarnegara sudah makin terbuka setelah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diterapkan pada 2016. Itu artinya batas negara praktis.

"Saya katakan tidak ada pilihan, harus siap dan ada beberapa sektor yang harus dibenahi," imbuhnya.

Presiden mengklaim saat ini hampir semua negara pada posisi yang sulit, dengan adanya ketidakpastian di bidang ekonomi dan politik. Tapi ia bersyukur kondisi politik dan ekonomi di Indonesia terbilang  cukup stabil.

"Saya kira butuh sebuah kerja keras. Meskipun punya potensi banyak, punya laut yang berskala ekonomi besar, minerba dan minyak besar, tapi tanpa SDM yang baik, berakhlak baik, sulit kita berkompetisi dengan negara lain," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES