Gaya Hidup

Perawatan Rumah Terbaik untuk Mengatasi Ketombe

Senin, 19 September 2016 - 15:00 | 51.72k
ILUSTRASI. Mengatasi ketombe dengan bahan alami di rumah. (Foto: huffpost.com)
ILUSTRASI. Mengatasi ketombe dengan bahan alami di rumah. (Foto: huffpost.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika Anda salah satu dari yang berjuang melawan ketombe, Anda mungkin akrab dengan gatal, kulit kepala kering, dan serpihan putih muncul di baju Anda. Kondisi kulit kepala seperti ini dapat disebabkan oleh kulit kering, sensitivitas terhadap produk rambut tertentu, atau jamur ragi seperti disebut Malassezia.

Anda pasti kesal jika ketombe tak juga segera lenyap meskipun sudah melakukan perawatan. Jangan menyerah, Anda bisa mencoba dengan perawatan sederhana dari bahan alami yang direkomendasikan ahli dermatologi, seperti dilansir dari health.com, Senin (19/9/2016) berikut.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan salah satu obat ketombe alami yang paling populer. Minyak kelapa dapat membantu mengurangi beberapa jamur ragi yang menyebabkan serpihan putih di kulit kepala. Seorang dermatologi dari Maryland, Geeta Shah, merekomendasikan untuk memijat kulit kepala dengan minyak kelapa dan mendiamkannya sekitar 15-20 menit.

2. Cuka Sari Apel
Berkat pH tinggi, cuka sari apel juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Dr Shah mengatakan, penggunaan cuka sari apel sebaiknya dicampur dengan sedikit air. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda dan biarkan selama minimal 15 menit.

3. Lidah Buaya
Tidak seperti pengobatan alami lainnya, lidah buaya tidak akan selalu membantu menyingkirkan ketombe, karena tidak menyerang jamur ragi. Lidah buaya menawarkan manfaat lain yaitu mengatasi gatal yang disebabkan oleh ketombe karena memiliki zat anti inflamasi. Lidah buaya membantu memberikan sensasi dingin pada kulit kepala.

4. Minyak Pohon Teh
Mona Gohara, MD, seorang dokter kulit Connecticut dan profesor klinis asosiasi di Yale, menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh untuk sampo biasa. campuran bahan ini bisa untuk menenangkan kulit kepala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES