Peristiwa Daerah

Waduh! Alat Pemantau Gunung Bromo Dicuri Maling

Senin, 19 September 2016 - 12:11 | 153.20k
Lokasi penyimpanan alat pemantau Gunung Bromo yang dicuri maling (foto: Istimewa)
Lokasi penyimpanan alat pemantau Gunung Bromo yang dicuri maling (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Alat pemantauan Gunung Bromo milik Pos Pengamatan Gunung Api di Lautan Pasir, hilang dicuri maling. Alat yang dicuri adalah Data Logger buat memantau deformasi tubuh Gunung Bromo dan Radio Broadband.

"Kejadian antara pukul 17.00-18.00 WIB, kemarin," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Bromo, Ahmad Subhan, Senin (19/9/2016).

Subhan menjelaskan, pada pukul 17.00 WIB memang terekam adanya noise langkah kaki di alat seismograf. Tapi, petugas tak mengira itu adalah langkah pencuri. "Kami mengira noise dari tukang yang memasang patok laut pasir," terangnya.

Tapi setelah dicek, gembok tempat alat disimpan sudah rusak. Alat di dalamnya juga hilang. Akibat pencurian itu, pengamatan Gunung Bromo terganggu. "Kontinuitas data deformasi terganggu," tambah Subhan kepada TIMESIndonesia.

Menindak lanjuti kejadian tersebut, PGA Bromo akan melapor ke Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan Polsek Sukapura.

Dari catatan PGA Bromo, pencurian ini bukan kejadian yang pertama. Pada periode erupsi tahun 2010, alat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini juga jadi sasaran maling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES