Peristiwa Nasional

Pengamat Menilai Indonesia Lahan Subur untuk Radikalisme

Sabtu, 17 September 2016 - 14:08 | 44.58k
Guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Asep Usman Ismail MAg (Foto:iainptk)
Guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Asep Usman Ismail MAg (Foto:iainptk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia dianggap sebagai lahan subur untuk tumbuh kembangnya radikalisme sehingga dibutuhkan peran aktis seluruh komponen masyarakat untuk membendung penyebaran benih radikalisme tersebut.

Pendapat itu dikemukakan Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Asep Usman Ismail MAg. Menurutnya, Indonesia kini patut waspada karena penyebaran radikalisme sudah mulai merasuki dunia pendidikan.

"Keluarga dan ulama adalah basis penting untuk memperkuat antiradikalisme di dunia pendidikan. Itu harus sinergi," tegas dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini.

Asep menganggap paham antiradikalisme harus mulai disemai dari keluarga sehingga anak tidak gampang terpengaruh ajaran radikal yang diterimanya dari luar. Sementara ulama wajib memberi pengayaan tentang ajaran agama yang benar kepada keluarga-keluarga ini melalui berbagai komunikasi sosial.

"Ulama harus bisa memberikan pengayaan dalam kapasitasnya sebagai obor masyarakat," imbuhnya.

Untuk itu,  Asep berharap para ulama juga harus diberi pegangan antiradikalisme, misal melalui bacaan yang praktis dan mudah dicerna, mengingat mereka pun memliki tingkat pendidikan berbeda. Sedangkan komunikasi sosial yang dinilai efektif untuk penyebarannya adalah forum majelis taklim.

"Jika wilayah jantung itu dibiarkan kosong maka benteng pertahanannya akan jebol. Karena itu, menurut hemat saya, kita semua harus bersinergi, negara masuk, ormas Islam masuk. Jika tidak, maka ruang kosong itu akan diambil alih oleh kelompok-kelompok radikal karena mereka sangat cepat dan jeli melihat peluang," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES