Glutera News

Inilah Ciri-Ciri Pemilik Kecerdasan Emosional Tinggi

Sabtu, 17 September 2016 - 08:23 | 110.68k
Ilustrasi. (gluteranews)
Ilustrasi. (gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTASelain kecerdasan mental yang sangat diperlukan untuk sukses di Glutera, Gluver juga wajib memiliki kecerdasan emosional. Apalagi akhir-akhir ini kita semakin sadar bahwa kecerdasan emosional sangat penting bagi tiap individu dalam menunjang kesuksesan dan kebahagiaan mereka. Baik di tempat kerja, pergaulan, hingga kehidupan keluarga.

’’Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan membantu Anda dalam bersikap praktis ketika dihadapkan pada suatu permasalahan,’’ tutur Maestro Glutera Indonesia Andri Ariestianto.

BACA JUGA: Kecerdasan Mental untuk Gluver ala Mas Bro

Seperti apa ciri-ciri Gluver yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi?

1. Fokus pada hal-hal positif

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sadar bahwa percuma saja berlarut-larut dengan masalah. Fokus pada masalah tidak akan pernah membawa solusi. Sebaliknya bersikap positif dalam menyikapi masalah akan membawa Anda pada solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan Anda.

BACA JUGA: Inilah Empat Penjaga Glutera Masa Depan

2. Siapa yang berpikir positif akan berkumpul pada orang yang juga berpikir positif

Orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi tidak akan menghabiskan banyak waktu dengan berkumpul bersama mereka yang suka mengeluh dan mengumpat. Mendengarkan keluh kesah dari mereka yang suka berpikir negatif hanya akan membawa menghabiskan energi kita pada hal-hal yang percuma. Sebaliknya, berkumpul dengan orang yang memiliki pikiran positif dan penuh semangat akan membuat kita tertular juga. Dan inilah yang pada akhirnya akan meningkatkan kecerdasan emosional Anda juga.

3. Orang dengan kecerdasan emosional tinggi selalu assertive

Assertive adalah sebuah sikap tegas dalam mengemukakan suatu pendapat, tanpa harus melukai perasaan lawan bicaranya. Orang yang assertive sangat tahu betul kapan mereka harus bicara, kapan mereka harus mengemukakan suatu pendapat, dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan sebuah solusi tanpa harus menggurui. Dan yang pasti mereka yang memiliki sikap assertive selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bicara.

4. Mereka adalah visioner yang siap melupakan kegagalan masa lalu

Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan sibuk memikirkan apa yang akan dilakukannya di masa depan dan segera melupakan kegagalan di masa lalu. Baginya kegagalan di masa lalu adalah sebuah pelajaran yang penting diambil untuk mengambil langkah yang lebih mantab di masa yang akan datang.

5. Mereka tahu cara membuat hidup lebih bahagia dan bermakna 

Di manapun mereka berada, apakah itu di tempat kerja, di rumah ataupun berkumpul dengan teman-teman, orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan membawa kebahagiaan bagi sesamanya. Terkadang arti bahagia bagi mereka tidak harus sebuah kekayaan. Bersyukur akan nikmat yang didapat hari ini dan membantu orang lain yang membutuhkan pertolongannya akan membuat mereka merasa bahagia dan bermakna.

BACA JUGA: Resolusi RG799 Lahir di Surabaya

6. Mereka tahu bagaimana mengeluarkan energi secara bijak

Mereka yang dikaruniai kecerdasan emosional tinggi, tahu bagaimana memanfaatkan energi mereka dengan bijak. Mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang percuma. Mereka akan fokus pada tindakan-tindakan yang akan membawa manfaat bagi sesamanya.

 

7. Terus belajar dan berkembang

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sadar, bahwa apa yang ia ketahui saat ini masih belumlah apa-apa. Baginya, belajar bukanlah 12 tahun wajib belajar dan emat tahun kuliah. Wajib belajar adalah seumur hidup. Mereka selalu terbuka akan hal-hal baru dan berani mencoba berbagai macam tantangan yang akan membuat mereka berkembang. Kritik dan saran dari orang lain akan dijadikan sebagai referensi baru dalam mengambil langkah dan keputusan di masa yang akan datang. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany
Sumber : Glutera News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES