Gaya Hidup

Mengatasi Luka Bakar dengan Cepat

Sabtu, 17 September 2016 - 04:37 | 217.29k
ILUSTRASI. Mengatasi luka bakar dengan bahan alami. (Foto: healthylife.com)
ILUSTRASI. Mengatasi luka bakar dengan bahan alami. (Foto: healthylife.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Luka bakar sering terjadi tanpa sengaja seperti menyentuh wajan panas, tersiram air panas, kena percikan minyak panas saat menggoreng, atau terkena knalpot motor. Luka bakar jika didiamkan saja akan menimbulkan bekas pada kulit. Tentu hal ini akan mengganggu penampilan Anda.

Anda tak perlu khawatir, ada cara cepat dan aman mengatasi luka bakar. Berikut beberapa bahan yang dapat mengatasi luka bakar pada kulit Anda, dilansir dari berbagai sumber.

1. Madu
Madu yang mengandung zat antiseptik dapat menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena knalpot, minyak/air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka dalam beberapa hari. Caranya, oleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat mujarab yang bermanfaat mendinginkan kulit akibat terbakar. Sensasi dingin dari lidah buaya ini bisa mempercepat penyembuhan luka bakar. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bagian yang luka.

3. Kentang Mentah
Secara alami, kentang mentah mempunyai sifat anti inflamasi serta mampu mendinginkan kulit. Kentang juga sangat baik untuk mengobati luka bakar di bagian kulit karena memiliki sifat mendinginkan. Caranya, iris tipis kentang mentah dan tempelkan di bagian kulit yang terkena luka bakar sambil sesekali di tekan-tekan agar cepat dingin.

4. Teh Celup
Teh celup juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, sebab teh mengandung tannin. Untuk menghilangkan luka bakar. Caranya, kompreskan bungkus teh celup hasil seduhan yang sudah didinginkan ke bagian yang terluka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES