Peristiwa Nasional

Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Media Dunia

Kamis, 15 September 2016 - 20:11 | 34.09k
Logo Jakarta World Forum for Media Development 2016. (Foto: gfmd.info)
Logo Jakarta World Forum for Media Development 2016. (Foto: gfmd.info)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Forum media internasional 2016 ke-4 akan diselenggarakan di Indonesia. Bertajuk Jakarta World Forum for Media Development 2016, acara ini akan berlangsung pada 20 hingga 22 September 2016 mendatang.

Para praktisi media dari sedikitnya 62 negara akan hadir di Universitas Multimedia Nusantara, tempat penyelenggaraan acara.

Forum yang diselenggarakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional, Dewan Pers, dan perguruan tinggi ini akan membahas sejumlah persoalan dan tantangan media massa.

Para peserta akan menghasilkan sejumlah rekomendasi bagi para praktisi media untuk bisa bertahan di tengah munculnya "tsunami" media digital atau sosial media. 

"Tahun 2016 kita pertama kalinya menjadi tuan rumah sebuah hajatan pers di mana akan berkumpul semua stakeholder media, jurnalis, pemerhati, organisasi hingga perusahaan bisnis pers," kata Ratna Komala, anggota Dewan Pers, Kamis (15/9/2016) di Jakarta.

Indonesia dipilih sebagai tuan rumah, kata Ratna, karena sejarah perjalanan kebebasan pers Indonesia yang cukup panjang sejak masa orde baru hingga era reformasi. 

"Ini merupakan pengakuan bagi pers Indonesia. Bagi kami Dewan Pers, forum ini momentum penting dalam memanfaatkan kebebasan pers untuk berdiskusi menghasilkan sebuah pemikiran-pemikiran bersama untuk melihat masa depan media," terangnya.

Sementara itu, Ketua GFMD (Global Forum for Media Development) Leon Willems berharap forum ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan gagasan serta mendiskusikan hasil-hasil riset yang telah dilakukan selama ini terkait masa depan media massa. 

"Banyak isu penting yang perlu diangkat terkait eksistensi media massa saat ini," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES