Peristiwa Nasional

Pesawat Kargo Angkut BBM Mendarat Darurat di Bandara Wamena

Selasa, 13 September 2016 - 09:11 | 129.67k
Pesawat kargo milik Trigana Air yang membawa muatan BBM mengalami kerusahan setelah mendarat darurat di Bandara Wamena, Selasa (13/9/2016). (foto: ahmad bambang for TIMESIndonesia)
Pesawat kargo milik Trigana Air yang membawa muatan BBM mengalami kerusahan setelah mendarat darurat di Bandara Wamena, Selasa (13/9/2016). (foto: ahmad bambang for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, WAMENA – Pesawat kargo milik Trigana Air yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina selamat dari maut setelah mendarat darurat di Bandara Wamena Papua, Selasa (13/09) pagi pukul 07.55 WIT.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, mengingat pesawat yang berangkat dari Bandara Sentani tersebut dilaporkan mendarat tanpa roda bagian belakang dan membawa 14.913 kilogram BBM.

Dari sebuah rekaman video yang beredar, tampak pesawat mendarat tanpa roda belakang. Asap putih mengepul ketika bagian belakang pesawat bergesekan dengan landasan pacu saat mendarat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol. Patrige Renwarin, menegaskan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

“Tapi landasan pacu berlubang, akibat gesekan badan pesawat. Pesawat yang hendak landing belum bisa (dilayani)," katanya kepada wartawan di Papua, Selasa (13/9/2016) pagi.

Sementara itu, lewat akut twitternya, @abe_ptm, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengunggah foto pesawat setelah insiden.

Ia mengungkapkan peristiwa ini akan mengganggu pasukan BBM di beberapa kota di Papua.

“Mohon maaf ada gangguan suplai BBM Jayapura - Wamena karena pesawat Boeing 737 Trigana yang kami sewa tergelincir di Wamena,” cuit Ahmad Bambang di akun twitternya.

Masih lewat akun Twitternya, Direktur pemasaran Pertamina ini pun mengungkapkan, “Bagaimana pun kondisinya, apapun resikonya, kami tetap hadapi agar tugas hadirkan energi ke seluruh negeri dapat tercapai.”

Dari foto yang beredar, sebagian badan pesawat sudah keluar dari landasan pacu. Bagian bawah badan pesawat, ada yang terkoyak.

Petugas pemadam kebakaran tampak sudah berada di lokasi untuk mengantisipasi kebakaran. Saat ini petugas tengah melakukan koordinasi untuk pemindahan badan pesawat dan muatannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : BBC

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES