Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Resmi Melantik Budi Gunawan

Jumat, 09 September 2016 - 17:52 | 23.37k
Presiden Joko Widodo resmi melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016) sore. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo resmi melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016) sore. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016) sore.

Dengan pelantikan tersebut, Budi sudah resmi menjabat sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Saat mengikuti janji sumpah jabatan yang diucapkan Presiden Jokowi, Budi berjanji akan selalu setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjunjung hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum.

Dia juga mengucapkan janji akan menjalankan tugas dan wewenang sebagai Kepala BIN dengan sungguh-sungguh, obyektif, berani, dan profesional.

"Saya akan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara di setiap tempat, waktu, dan dalam keadaan bagaimanapun juga," kata Budi, mengikuti janji sumpah jabatan yang dibacakan Presiden Jokowi.

Pelantikan hari ini tergolong mendadak dan tak ada dalam jadwal resmi Presiden. Karena, pada pukul 14.00 WIB siang, Jokowi melakukan kunjungan ke Tanah Abang bersama Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Kunjungan Duterte ke Indonesia dilanjutkan dengan pertemuan bilateral pukul 16.00 WIB dan jamuan makan malam pukul 18.30 WIB. Di sela-sela kepadatan agenda itu, Jokowi menyempatkan melantik Budi pukul 17.30 WIB.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Jumat siang sekitar pukul 13.00 WIB masih belum mengetahui bahwa akan ada pelantikan pada sore ini. Adapun di Mabes Polri, pengumuman mendadak disampaikan melalui speaker kepada para perwira tinggi Polri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES