Kuliner

Mau Makan Telur Ikan Bader, Datang Saja ke Gresik

Kamis, 01 September 2016 - 14:54 | 173.62k
Siswa sedang memasak makanan berbahan telur ikan Bader, di Festival kuliner di SMA Muhammadiyah Gresik di Jalan KH. Kholil kota Gresik, Mohammad Zaini/ TIMESIndonesia)
Siswa sedang memasak makanan berbahan telur ikan Bader, di Festival kuliner di SMA Muhammadiyah Gresik di Jalan KH. Kholil kota Gresik, Mohammad Zaini/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Apabila kebetulan melintas di Gresik, Jawa Timur (Jatim), tak lengkap rasanya jika belum menikmati sensasi kuliner khas Gresik berbahan telur ikan Bader. 

Warga setempat menyebutnya dengan 'Endok Iwak Bader.' Lauk pauk telur ikan Bader dapat ditemui di warung-warung dan pedagang kaki lima di sudut-sudut kota Gresik.

Untuk mengembangkannya dan sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda, SMA Muhammadiyah Gresik di Jalan KH. Kholil kota Gresik hari ini menyelenggarakan Festival kuliner berbahan telur ikan Bader yang diikuti kelompok siswa, guru dan karyawan sekolah.

Aneka makanan berbahan ikan Bader pun disajikan dengan berbagai variasi menu antara lain Nasi Goreng, Sushi, Sepageti, Tahu Isi, Pepes, Siomay dan lain sebagainya.

Ainul Muttaqin, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Gresik menjelaskan Festival kuliner ikan Bader ini digelar untuk meningkatkan kualitas dan harga jual telur ikan Bader.

"Sebagai warga pesisir Gresik, kita ingin mengenalkan pada generasi muda serta mengembangkan sajiannya agar nilai jualnya meningkatkan," ujarnya, Kamis, (01/09/2016.)

Lebih jauh Ainul mengaku, selama ini telur ikan Bader disajikan dengan cara digoreng secara sederhana. "Dengan disajikan lebih variatif seperti menjadi bahan utama Nasi Goreng, Pepes, Tahu Isi dan lain-lain harganya bisa naik," paparnya.

Herna Akira, salah seorang siswa yang memasak Sushi mengatakan, Sushi buatannya menonjolkan rasa asin dan gurih telur ikan Bader.

"Agar rasanya lebih enak, selain bahan utama telur ikan Bader, kita tambahkan sayur Bayem, sehingga rasa dan vitaminnya juga lebih baik variatif," jelasnya. 

Setelah dinilai tim juri, aneka kuliner telur ikan Bader tersebut kemudian dinikmati bersama-sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES