Peristiwa Nasional

Pengawasan Katering Jemaah Mulai Diperketat

Kamis, 01 September 2016 - 10:02 | 34.50k
Katering untuk jemaah haji Indonesia terus diperketat (Foto: kemenag)
Katering untuk jemaah haji Indonesia terus diperketat (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Jelang puncak ibadah haji, jemaah dari segala penjuru dunia mulai memadati Mekkah. Dan demi menjaga kualitas layanan khusus untuk jemaah asal Indonesia, menu dan penyediaan katering pun kian diperketat.

"Pengwasan kita perketat jangan sampai makanan dikonsumsi jemaah dalam kondisi tidak layak," tegas Direktur Pelayanaan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis saat meninjau sejumlah dapur penyedia katering jemaah haji di Mekkah, Rabu (31/8/2016).

Selama di Mekkah, jemaah asal tanah air akan mendapatkan layanan katering 2 x 12 hari. Dan Sri mengimbau para jemaah untuk melaporkan jika ada masalah dalam menu yang mereka dapatkan.

"Kalau ditemukan makanan basi yang sudah sampai di pemondokan, kita setop. Jemaah tidak boleh mengkonsumsi makanan itu. kita ganti dengan yang layak," imbuhnya.

Sri Ilham menjamin perusahaan yang menyajikan katering tidak layak akan mendapatkan sanksi dari pemerintah sesuai kontrak. Dan untuk memastikan kualitas terjaga dan sesuai gramasi yang disepakati, pihaknya menempatkan pengawas katering di setiap pemondokan jemaah.

"Kalau ada yang tidak layak, tim kita turun dan meminta perusahaan untuk mengganti makanan yang tidak layak," pungkasnya.

Dari sejumlah peninjauan, ia juga menilai prosedur di dapur untuk menyiapkan makanan sudah sesuai standar yang ditentukan - termasuk proses memasak, packing, bahan baku makanan hingga cita rasa makanan yang disajikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES