Indonesia Positif

Hasan Aminuddin Bicara Ilmu dan Akhlaq

Kamis, 01 September 2016 - 08:36 | 52.22k
Hasan Aminuddin (foto: AJP.TIMESIndonesia)
Hasan Aminuddin (foto: AJP.TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOProblem kenakalan anak dan remaja tak lepas dari perhatian Hasan Aminuddin. Menurutnya, problem tersebut terjadi salah satunya karena anak mengalami krisis keteladanan. Selain itu, pola pikir anak dan remaja kini menurutnya lebih dominan ilmu ketimbang akhlaq atau etika.

Karena itu, anggota DPR-RI Komisi VIII tersebut mengajak orang tua mengajari akhlaq kepada anak dengan memberi contoh. “Mari kita kembalikan akhlaq ini, dimulai dari diri kita sendiri agar kita dicontoh,” ajak mantan Bupati Probolinggo dua periode itu, kepada peserta Silaturrahim dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Mojokerto, Minggu (28/8/2016).

Sebagai contoh, Hasan menyebut fenomena anak-anak yang lebih suka bermain dengan HP ketimbang dengan sesama. Lewat alat tersebut, anak biasanya main game atau menonton film kartun. Tak hanya anak kecil, yang dewasa juga keranjingan main HP.

“Tidak melihat status sosial, tak peduli usia tua atau muda, dan tanpa melihat kaya atau miskin,” sebut pria yang digadang-gadang maju dalam Pilgub Jatim, 2018 itu. Bagi Hasan, fenomena budaya itu merupakan tanggung jawab kita bersama agar anak tidak anti sosial saat dewasa nanti, karena kecanduan main HP.

“Tapi kadangkala kita kalah dengan tangisan anak. Padahal dulu, anak nangis pun dibiarkan bila melanggar syariat agama dan budayanya, bahkan sampai dipukul,” ujar Hasan memberi perbandingan.

Parahnya, orang tua juga kecanduan main HP. “Sekarang ini, kita sering lalai memberi contoh dan sering memberi perintah (kepada anak, Red). Perintahnya juga tidak jelas,” tambah politisi Nasdem tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES