Kesehatan

Jagalah Hati dengan 5 Hal Ini

Kamis, 01 September 2016 - 01:01 | 59.16k
Fungsi Organ Hati Pada Manusia (Foto: mengobatihepatitisbkronis)
Fungsi Organ Hati Pada Manusia (Foto: mengobatihepatitisbkronis)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hati atau liver merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Peranannya penting dengan berbagai fungsi.

Beberapa fungsi organ hati, yaitu penyaring segala sesuatu yang diserap tubuh, membantu membersihkan darah serta bahan-bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino dalam darah, memproduksi getah empedu yang berperan dalam sistem pencernaan, serta menyimpan vitamin dan zat-zat lain yang penting bagi tubuh.

Melihat fungsi-fungsi tersebut, menjaga kesehatan hati atau liver menjadi prioritas. Hal-hal berikut ini perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan hati anda.

Mengkonsumsi gizi seimbang
Pemenuhan gizi seimbang berarti konsumsi makanan dalam jumlah tepat dan kombinasi yang aman serta bebas dari penyakit dan zat berbahaya. Makanan yang baik bagi kesehatan hati, antara lain bawang merah, kembang kol, kubis, sawi hijau, gandum dan beras merah. Untuk minuman, teh hijau bermanfaat untuk kesehatan hati.

Menjauhkan diri dari kebiasaan buruk 
Demi kesehatan hati, sebaiknya hindari kebiasaan mengkonsumsi fast food dan soft drink. Minuman beralkohol dan merokok pun juga perlu dihindari, karena dengan mengkonsumsinya dapat merusak fungsi kerja hati. 

Membatasi kalori
Untuk menjaga kesehatan hati juga bisa dilakukan dengan membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh anda. Karena kelebihan kalori dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak yang bisa menghambat aliran darah. Jika aliran darah terhambat maka kerja organ hati akan semakin keras.

Memilih obat mesti selektif
Beberapa jenis obat bedampak negatif bagi kesehatan organ hati. Biasanya hal ini terjadi saat anda terlalu banyak mengkonsumsi obat berbahan kimia tertentu dalam jangka panjang. Contohnya,  mengkonsumsi obat penurun kolesterol dan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen secara berlebihan. Disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan tenaga medis mengenai obat yang mesti diminum. 

Berolahraga teratur
Berolahraga secara teratur akan membantu menjaga berat badan tetap normal dan menghindarkan dari gangguan organ hati yang mengarak pada sirosis. Olahraga bisa membakar kalori lebih banyak, apalagi terkait dengan masalah berat badan. Intinya, banyak manfaat kesehatan tubuh termasuk hati dengan berolahraga secara teratur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES