Peristiwa Daerah

Tekan Angka Kecelakaan, Awak Angkutan Ikuti Lomba Sopir Teladan

Rabu, 31 Agustus 2016 - 19:13 | 55.36k
Para Pemenang Lomba Sopir Teladan Foto Bersama di Halaman Stadion Goentoer Darjono Purbalingga ( Foto : Edi Siswanto / Purbalingga TIMES )
Para Pemenang Lomba Sopir Teladan Foto Bersama di Halaman Stadion Goentoer Darjono Purbalingga ( Foto : Edi Siswanto / Purbalingga TIMES )

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Satlantas Polres Purbalingga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga, mengadakan Lomba Sopir Angkutan Umum Teladan, dalam rangka peringatan HUT ke-71 RI. Kegiatan diharapkan bisa mendisiplinkan para sopir sekaligus upaya menekan angka kecelakaan di Kota Purbalingga,

Peserta lomba yang berjumlah 32 orang meliputi, awak angkutan kota, sopir taksi, sopir bus Mikro dan bus AKDP tersebut mengikuti tes Afis di Gedung  Satlantas Purbalingga, kemudian dilanjutkan tes praktik di halaman stadion Goentoer Darjono Purbalingga, pada hari Rabu (31/8/2016).

Saat tes praktik, disiapkan dua unit kendaraan, 1 unit mobil mini bus angkutan kota dan 1 unit mobil ujian praktik SIM type MPV.

Dalam acara ini, peserta lomba yang mewakili komunitasnya bersaing cukup ketat dalam memperebutkan posisinya sebagai Sopir Teladan.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Riyatnadi mengungkapkan, acara tersebut merupakan salah satu cara dalam menekan angka kecelakaan di Kota Purbalingga sekaligus sebagai bagian dari Lomba Pelayanan Inovasi dan Aksi (Lompia) Lalu Lintas 2016.

“Peserta lomba diwajibkan mengetahui tata tertib dalam berlalu lintas, termasuk pemahaman terhadap rambu-rambu lalu lintas, karena mereka menjadi contoh dan teladan sekaligus sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas” ucap Riyatnadi.

Riyatnadi menambahkan,  keterampilan, kecepatan, dan ketepatan sebagai sopir seperti berjalan maju dan mundur lurus, kemudian maju dan mundur zig-zag, serta parkir menjadi penilaian di lapangan.

Sementara itu, menurut Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Yonathan Eko Nugroho menuturkan, penyerahan hadiah lomba akan diserahkan oleh Bupati Purbalingga pada acara hiburan Orkes Melayu Rabu malam ini di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga.

“Sebagai wujud partisipasi mereka dalam rangka ikut membangun Purbalingga, salah satunya bagaimana mereka mengemudi dan melayani masyarakat dengan baik, sekaligus menyentuh rasa nasionalisme, bahwa kita sama dalam satu nauangan NKRI” ucap Yonathan.

Sebagai pemenang lomba, juara 1 Toyo Winarno perwakilan dari Osaka, juara 2 Suritno dari PT Akbar Perwira Sejahtera dan juara 3 Darsono perwakilan dari Koperasi Barokah Purbalingga, yang masing masing mendapatkan tropi dan uang pembinaan untuk juara 1 Rp 750 ribu, juara 2 Rp 500 ribu dan juara 3 Rp 250 ribu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES