Peristiwa Daerah

Mensos: Istri Bung Tomo Bisa Diusulkan jadi Pahlawan

Rabu, 31 Agustus 2016 - 18:55 | 23.63k
Almarhumah Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, Sulistina Sutomo. (Foto: detik.com)
Almarhumah Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, Sulistina Sutomo. (Foto: detik.com)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, Sulistina Sutomo (91), yang meninggal dunia pada Rabu (31/8/2016) dini hari bisa saja diusulkan menjadi pahlawan nasional seperti halnya Bung Tomo.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat di Surabaya.

"Bisa saja beliau diusulkan menjadi pahlawan, asalkan ada yang mengusulkan. Itu SOP-nya," katanya setelah berbicara di hadapan 7.000-an mahasiswa baru Unair di Surabaya.

Peran Sulistina Sutomo memang tidak tercatat detail di sejarah. Namun Sulistina Sutomo yang bekerja di Palang Merah Indonesia (PMI) dan merawat para pejuang yang terluka saat pertempuran 10 November 1945.

Sulistina Sutomo akhirnya menikah dengan Bung Tomo pada tahun 1947. Sejak itulah almarhumah selalu setia menemani Bung Tomo di saat suka dan duka.

Menurut Mensos, pihaknya saat ini mencatat ada 163 pahlawan nasional dan hanya 13 di antaranya merupakan pahlawan perempuan, karena itu istri Bung Tomo juga bisa menjadi pahlawan nasional, asalkan ada yang mengusulkan dan nantinya akan diteliti oleh Tim Penilai Gelar Kepahlawanan Nasional.

"Tapi, Kemensos sudah mempunyai apresiasi untuk para pahlawan nasional berupa bantuan silaturrahim yang diberikan kepada pahlawan nasional dan keluarganya hingga generasi kedua. Kalau Bung Tomo itu mulai dari Bung Tomo dan istrinya hingga anaknya akan mendapatkan bantuan itu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Sulistina Sutomo meninggal dunia pada usia 91 tahun, setelah beberapa hari dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit. Sulistina dimakamkan di samping makam suaminya Bung Tomo di Tempat Pemakaman Umum Ngagel Surabaya pada Rabu sore. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES