Pendidikan

Cara Sukses Jadi Mahasiswa Baru

Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:46 | 46.52k
Ilustrasi. Mahasiswa Baru. (Foto: prasetya.ub.ac.id)
Ilustrasi. Mahasiswa Baru. (Foto: prasetya.ub.ac.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa baru berarti memasuki kehidupan baru pula, terlebih bagi para perantau. Berikut beberapa tips, cara mengadapi lingkungan baru sebagai mahasiswa.

1. Adaptasi
Enggak ada salahnya memperhatikan lingkungan sekitar terlebih dulu, termasuk teman-teman baru yang kamu temui. Dengan begitu, kamu bisa belajar bagaimana cara menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jaringan pertemanan baru di kampus. Jangan lupa untuk menjadi sosok pribadi yang menyenangkan agar dapat banyak teman.

2. Menempatkan diri
Menjadi pribadi menyenangkan di lingkungan baru berarti juga mampu menempatkan diri dengan baik. Misalnya, tidak melulu ingin didengar dan diperhatikan tetapi juga memberi kesempatan kepada teman lain untuk tampil. Kemampuan menempatkan diri dengan baik ini sangat berguna dalam membina hubungan dengan teman.

3. Pergaulan
Jangan batasi diri dalam bergaul. Sebaiknya, perluaslah lingkar pertemanan dengan semua orang. Jaringan pertemanan ini akan sangat berguna, terutama ketika sudah lulus dan memasuki dunia baru sebagai pekerja.

4. Konsentrasi
Dari segi akademis, konsentrasi menjadi poin utama saat menjalani transisi dari sekolah ke kampus. Pastikan ketika di kelas kamu fokus mendengarkan paparan dosen tentang perkuliahan, mulai dari silabus hingga jadwal tugas dan ujian yang harus dipenuhi.

5. Aktif berprestasi
Jangan hanya diam selama di kelas. Jadilah mahasiswa aktif, baik untuk bertanya maupun bergabung dalam diskusi. Keaktifan di kelas akan mendorongmu meraih berbagai prestasi di kampus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Okezone

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES