Kesehatan

Jamblang, Buah Ungu Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Selasa, 30 Agustus 2016 - 01:38 | 131.70k
Buah Jamblang atau duwet yang kaya manfaat bagi kesehatan (Foto: pondokibu.com)
Buah Jamblang atau duwet yang kaya manfaat bagi kesehatan (Foto: pondokibu.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jamblang atau duwet, demikian nama buah ini akrab di telinga masyarakat Indonesia.  Buah khas daratan Asia ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. 

Memiliki rupa sekilas mirip anggur, buah jamblang memiliki rasa manis, asam dan sedikit pahit. Kandungan nutrisinya yang baik bagi kesehatan ini perlu anda ketahui.

1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Memiliki nama latin Syzgium cumini, buah jamblang mengandung senyawa jambosin, alkaloid, dan glikosida. Senyawa-senyawa tersebut mampu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula. Ini sebabnya kenapa jamblang menjadi herbal alami bagi penderita diabetes.

Zat yang terkandung didalamnya terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh sebanyak 30 persen.

2. Menangkal Kanker

Kandungan senyawa flavanoid dan antioksidan dalam buah Jamblang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. 

Jamblang membawa sifat radioprotective serta chemoprotective yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tidak keliru bila jamblang menjadi pilihan obat herbal anti kanker.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamblang memiliki kandungan gizi sepeti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. Seluruh kandungan ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sebagai Pewarna Alami 

Kulit buah jamblang berwarna ungu karena kandungan antosianin, zat pewarna alami. Hal ini cocok dijadikan sumber pewarna alami dan tentunya lebih aman.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Buah Jamblang kaya nutrisi, seperti asam ellagic, anthocyanin dan anthocyanidins yang bersifat inflamasi. Kandungan antioksidan buah ini cukup tinggi, mampu menangkal radikal bebas dan kolesterol. Maka tidak salah bila jamblang punya andil besar untuk mengurangi risiko stroke atau penyakit jantung.

6. Menguatkan Tulang

Buah Jamblang mengandung zat kalsium, zat besi, kalium serta vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh serta meningkatkan masa tulang dan menguatkannya.

7. Obat Anemia

Bagi penderita anemia, ada baiknya untuk mengonsumsi buah jamblang. Pasalnya, kandungan vitamin C dan zat besi dalam buah tersebut berperan dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES