Kesehatan

Ayo Ketahui Nutrisi yang Tepat Bagi Tubuh Anda

Senin, 29 Agustus 2016 - 03:28 | 152.65k
Ilustrasi, Mengenal Nutrisi yang dibutuhkan tubuh (Foto: solusisehat)
Ilustrasi, Mengenal Nutrisi yang dibutuhkan tubuh (Foto: solusisehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh yang sehat mutlak adanya. Agar terwujud, diperlukan makanan sebagai penyupali nutrisi yang lengkap agar tubuh berfungsi optimal.  Golongan nutrisi untuk tubuh meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat.
 
Makan pun ada 'ketentuannya' jika ingin sehat. Terlalu banyak makan dengan nutrisi tidak tepat membuat kelebihan berat badan dan berpotensi menimbulkan penyakit. Lalu, seberapa banyak porsi yang tepat untuk tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

Protein
Protein menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh dan sumber energi. Ia bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, dan pergantian sel. Gangguan pertumbuhan dapat terjadi bila kekurangan protein, juga menyebabkan tulang keropos dan kerontokan rambut.

Protein yang berasal hewan, diantaranya ikan, daging, telur dan susu. Sedangkan protein dari tumbuhan (nabati) banyak terkandung pada kacang-kacangan. Protein hewani mengandung asam amino esensial lebih dibanding protein nabati.

Berat protein dalam tubuh sekitar seperenam dari total berat badan seseorang. Setelah air, protein menjadi komponen kedua terbesar pada tubuh manusia. 

Untuk mendapat protein secara maksimal, hindari memasak dengan suhu tinggi dan memakai minyak yang banyak. Hal ini dapat merusak protein yang ada. Lebih baik mengolah makanan berprotein dengan memanggang atau mengukus.
 
Karbohidrat
Karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh agar bisa beraktivitas dalam banyak hal. Konsumsi karbohidrat lebih, akan disimpan sebagai lemak. 

Ada angka yang disebut Indeks Glikemin (IG). Angka ini menunjukkan kandungan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Semakin tinggi angka IG, makanan tersebut akan meningkatkan gula darah lebih cepat. Pada karbohidrat dengan IG rendah, akan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah rasa ingin makan. 

Karbohidrat dengan IG tinggi terdapat pada makanan seperti roti, jagung dan kentang. Sedangkan, karbohidrat dengan IG rendah diantaranya gandum dan beras merah.

 Lemak
Fungsinya sebagai cadangan energi dan untuk melindungi organ tubuh. Lemak yang tercukupi berguna untuk menjaga suhu tubuh, kesehatan kulit, dan rambut. Lemak dapat melarutkan vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan baik. 

Satu gram lemak bisa menghasilkan sekitar 90 kalori. Lemak harus dipenuhi sekitar 20 sampai 30 persen dari total kebutuhan kalori. Sebaiknya, konsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35 persen dari total kebutuhan kalori harian. Agar bermanfaat, lemak yang dikonsumsi harus lemak baik (lemak tidak jenuh).

Untuk diketahui, lemak terbagi atas dua, yaitu lemak baik dan lemak jahat.
Lemak baik biasanya terdapat pada kacang-kacangan, ikan salmon, kenari dan alpukat. Lemak baik mengandung asam omega 3 yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya jantung koroner.

Sedangkan lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans terdapat pada daging, jeroan atau makanan yang digoreng. Lemak jahat yang berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan pemicu diabetes.

Vitamin dan Mineral
Fungsi vitamin dan mineral untuk mengatur dan mendukung berbagai proses yang terjadi dalam tubuh, semisal proses pembentukan energi atau proses berpikir. Buah dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. 

Satu buah mampu menghasilkan sekitar 40 kalori. Disarankan, untuk mengkonsumsi 5 sampai 9 jumlah buah setiap harinya. 
 
Serat
Serat berperan bagi proses pencernaan. Mengkonsumsi serat pangan dapat menjaga tubuh sehat. Serat banyak terdapat pada buah, sayur, kacang-kacangan dan serelia. 

Contoh buah berserat tinggi yakni pepaya, sirsak, apel dan jeruk. Pada sayuran, serat banyak didapati pada kacang panjang, brokolim wortel, tauge, dan kangkung.

Serta memiliki beberapa fungsi, diantaranya : melancarkan buang air besar, mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Serta juga berfungsi menjaga kolesterol dan gula darah tetap stabil. Stabilitas  kolesterol dan gula darah bisa mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Air
Air  sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup. Manusia lebih mampu menahan lapar daripada menahan haus. Alasannya, sel-sel tubuh membutuhkan air untuk beraktivitas. Selain itu, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuh bila tidak terlarut dalam air.

Tubuh membutuhkan air dibutuhkan sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan. Air juga berfungsi sebagai pelumas dan bantalan, media transportasi, serta media pengeluaran sisa metabolisme. 

Ada tips sederhana meminum air yang aman dan sehat. Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas air setiap hari.  Jangan lupa atur jarak waktu minum. 
Jangan minum terlalu banyak air dalam sekali minum. Lalu, jangan minum menunggu rasa haus yang sangat. Ketika kehausan, secara biologis tubuh berada pada kondisi dehidrasi ringan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES