Gaya Hidup

Cara Merawat Kaki Tetap Sehat dan Mulus

Senin, 29 Agustus 2016 - 06:32 | 74.68k
Ilustrasi kaki. Merawat secara rutin akan membuat kaki sehat dan mulus (Foto: tren)
Ilustrasi kaki. Merawat secara rutin akan membuat kaki sehat dan mulus (Foto: tren)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kaki berperan penting sebagai penopang tubuh keseluruhan saat berjalan. Untuk itu, perlu ada perlakuan khusus untuk merawat kaki tetap sehat.

Selain itu, memiliki kaki yang sehat dan mulus bisa menambah rasa percaya diri. Simak beberapa upaya merawat kaki secara alami agar tetap sehat.

1. Merendam kaki

Merendam kaki pada air mampu menyegarkan otot - otot kaki bagian dalam. Caranya, anda bisa mencampurkan buah lemon ke dalam air dingin dicampur minyak esensial. Rendam kaki anda selama 15 menit, setelah selesai bilas dengan air bersih lalu oleskan lotion pada kaki.

2. Memijat kaki

Memijat kaki akan membuat anda rileks. Gunakan bantuan minyak esensial sebagai sarana pemijatan. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi darah dan meregangkan otot-otot kaki.

3. Mengayuh sepeda

Aktivitas bersepeda akan membuat kaki lebih kuat dan sehat. Alangkah lebih baik bila mengayuh sepeda dilakukan secara rutin. Selain menghindarkan diri dari varises, lemak pada kaki, seperti bagian paha dan betis akan berkurang. 

Tak hanya itu, agar tumit kaki tetap mulus, anda bisa melakukan perawatan khusus secara rutin. Baik bila dilakukan sebelum tidur malam hari.  Berikut ini tips perawatan kaki yang bisa anda praktekkan.

  • Bagian tumit yang pecah bisa digosok dengan menggunakan batu apung. Cara ini banyak dipraktekkan masyarakat sejak lama. Ini membantu mengangkat kulit-kulit kering pada tumit sehingga menjadi halus dan tidak pecah.
  • Anda dapat menggunakan buah alpukat yang telah dihaluskan untuk merawat kaki.  Caranya, oleskan ke bagian kaki yang pecah-pecah sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air. 
  • Pijat tumit kaki secara perlahan-lahan agar rileks. Anda bisa menggunakan foot scrub yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati pada tumit. Bila telah selesai, bersihkan dengan lap basah dan cuci dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk bersih.
  • Untuk menjaga kelembaban kulit pada tumit kaki, gunakan lotion pelembab. Caranya, pijat secara perlahan-lahan agar peredaran darah pada tumit menjadi lancar.
  • Memakai kaos saat tidur setelah perawatan tumit dilakukan, akan membuat kuliy halus dan lembut saat anda bangun dari tidur. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES