Gayeng With YM

Soal Fiqh, Kudu Pelan-Pelan Jawabnya

Kamis, 18 Agustus 2016 - 21:00 | 21.99k
Ilustrasi. (Foto: zoojaja)
Ilustrasi. (Foto: zoojaja)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Soal fiqh, beneran. Kudu pelan-pelan jawabnya. Buka kitab dulu. Dan pembahasannya hendaknya pake web. Blog. Yang di-share, linknya. Adapun kalo yang di-share summary-nya, kuatir ga bijak. Ga arif. Tar kasian yang nanya. Sebab nyangkut soal nasib juga.

Contoh, soal pertanyaan nikah yang ngegugurin peraturan soal talak 3. Ini benar-benar nyangkut soal nasib seorang perempuan, seorang laki-laki, mungkin juga anak bawaan, dan lain-lain. Kalo diharamin, gimana konsekuensinya? Kalo dihalalkan? Gimana juga konsekuensinya? Belom lagi soal wilayah niat. Ini aja udah perdebatan. Belom lagi soal ucapan. Plus qiyas antara nikah muhallil dengan nikah biasa. Perlu pendalaman.

Buanyak sudutnya. Buanyak seginya. Ampun dah. Makin tau, makinan ngerasa ga pas jawab. Tapi, tetap jadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Buka-buka kitab. Mulai dari kitab Bidaayatul Mujtahid, sampe literasi induk masing-masing imam madzhab, dan turunan-turunan kitabnya.

Di kalangan ulama-ulama di masing-masing imam mazhab, bisa jadi beda-beda lagi pendapatnya.

Hasilnya? Ya ga bisa buru-buru jawab. Lebih baik serahkan sama yang lebih kompeten buat jawab. Khususnya yang punya hati dan amalan lebih baik lebih lurus. Dan punya kemampuan melihat dengan lebih baik. Sebab pikirannya selamat dari kekotoran dan keharaman. Sehingga jernih.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : YusufMansur.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES