Peristiwa Daerah Bersama Tamu Allah 2016

Soekarwo: Kuota Haji Harus Ditambah

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 11:16 | 37.93k
Ilustrasi Ibadah Haji (Foto: bandara)
Ilustrasi Ibadah Haji (Foto: bandara)
FOKUS

Bersama Tamu Allah 2016

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan Pemerintah Pusat terkait usulan regulasi kuota haji sebagai upaya antisipasi Warga Negara Indonesia (WNI) berangkat haji melalui negara lain.

"Usulan dari Kementerian Agama RI harus ada lagi agar mendapat perhatian serius dari Pemerintah Arab Saudi," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (27/8/2016).

Kuota  haji dari Indonesia dalam beberapa tahun ini dikurangi karena ada perbaikan di Masjidil Haram, Mekkah, sehingga ada pengurangan untuk jumlah jamaah dari berbagai negara.

Terkait hal tersebut, Soekarwo meminta Menteri Agama mengingatkan kembali Pemerintah Arab Saudi agar kembali menambah kuota karena saat ini tahap perbaikan sudah lebih banyak yang rampung.

"Intinya, usul ke Arab Saudi untuk menambah kuota dari Indonesia," ucapnya.

Tidak itu saja, ia juga mengusulkan regulasi pembatasan pemberangkatan haji bagi warga yang sudah pernah berhaji agar tak ke Tanah Suci lagi dalam waktu dekat.

Hal ini, kata dia, sebagai bentuk toleransi sekaligus memberikan kesempatan kepada warga lain yang ingin berhaji.

"Mungkin batasannya bisa 10 tahun lagi berangkat bagi yang sudah pernah berhaji. Kasihan mereka yang belum berangkat harus menunggu terlalu lama, padahal ada jemaah yang masuk dalam kuota sudah pernah berhaji belum lama ini," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES