Politik

Pengamat: Golkar Jadi Kunci Kekuatan Pilgub Sumsel

Jumat, 26 Agustus 2016 - 09:05 | 89.29k
Ilustrasi
Ilustrasi

TIMESINDONESIA, PALEMBANGPilkada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) baru akan berlangsung di tahun 2018 namun geliatnya sudah terasa termasuk aroma persaingannya.

Sejumlah tokoh sudah menyatakan siap untuk menjadi gubernur, seperti Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel Syahrial Oesman, Ketua DPW Gerindra Sumsel Aswari Rivai, Mantan Bupati OKU Timur Herman Deru dan Mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji.

Sosialisasi pun sudah mereka lakukan dengan berbagai cara seperti datang di acara pernikahan, acara keramaian seperti jalan santai dan lainnya. Atributnya pun saat sudah mulai menyebar di pelosok-pelosok Sumsel.

Namun untuk melihat siapa yang bakal unggul terlalu dini untuk melihatnya karena sejumlah partai besar seperti PDIP dan Golkar belum juga memberikan sinyal siapa kandidat yang akan diusung.

Golkar diyakini menjadi partai penting dalam kalkulasi perebutan kursi gubernur di Sumsel. Hal ini disampaikan oleh pengamat politik dan praktisi Survei Sumsel Bambang Yusantra.

Menurutnya Golkar menjadi kunci peta kekuatan Pilkada Gubernur Sumsel 2018. "Selain saat ini Ketua DPD Golkar Sumsel Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel, banyak Kepala Daerah di Sumsel dikuasai oleh kader Golkar," katanya, Jumat (26/8/2016).

Golkar saat ini belum menentukan sikap, mengenai siapa yang bakal diusung di pemilihan Gubernur Sumsel. Sementara kader potensial yang bisa menjadi kandidat kuat justru bertarung di Pilkada Musi Banyuasin 2017 yakni Dodi Reza Alex.

"Rasanya dengan infrastruktur politik yang kuat di Sumsel, agak mustahil Golkar hanya sekedar mendukung apalagi kader partai lain," ujarnya kepada PALEMBANGTIMES.

Dia menambahkan, mungkin baru akan kelihatan bagaimana peta politiknya nanti di tahun 2017 pasca Pilkada Musi Banyuasin. "Belum lagi Pilkada Gubernur Sumsel akan serentak juga Pilkada Bupati dan Walikota di Sejumlah daerah di Sumsel," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES