Peristiwa Daerah

Tips Cari Lowongan Kerja Online

Jumat, 26 Agustus 2016 - 06:31 | 49.12k
Ilustrasi mencari pekerjaan. (Foto: anneahira.com)
Ilustrasi mencari pekerjaan. (Foto: anneahira.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah didapatkan, terlebih bagi mereka yang belum mempunyai pengalaman kerja atau masih fresh graduate.

Seiring zaman yang semakin berkembang, persaingan juga semakin ketat dalam memburu lowongan pekerjaan.

Menyebar surat lamaran dan resume bukan jaminan mendapatkan sebuah pekerjaan dengan cepat dan tepat. Dibutuhkan taktik yang cerdas agar dapat mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Pertama, memilih platform atau situs lowongan kerja online yang tepat dan terpercaya sangat penting untuk dilakukan. 

Selain untuk menghindari berbagai macam penipuan, hal itu juga berfungsi untuk membantu Anda tetap terorganisir. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah rutin memeriksa notifikasi lowongan kerja secara teratur.

Kemudian, anda juga bisa berlangganan notifikasi lowongan pekerjaan, berdasarkan kriteria pencarian dari beberapa perusahaan dan situs lowongan kerja secara online.

Hal ini akan membuat perburuan lowongan kerja Anda menjadi lebih mudah. Pastikan untuk memeriksanya setiap hari.

Hal yang kedua setelah memilih platform yang tepat afalah siapkan segala dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat Anda akan diwawancara. Mulai dari resume, transkrip nilai, hingga surat rekomendasi.

Pastikan data-data tersebut sudah diperbaharui dan siap dikirim. Walaupun kita sudah hidup di era serba digital, terkadang perusahaan menginginkan dokumen cetak yang masih baru dan tertata rapi.

Saat semua sudah terorganisir dengan rapi, Anda masih memiliki waktu untuk mencari beberapa lowongan kerja lainnya sebagai cadangan. Jika semua sudah terorganisir secara rapi, sangat besar peluang bagi Anda untuk diterima kerja.

Kemudian Jangan lupa untuk mencatat setiap lamaran kerja yang telah Anda kirimkan. Bila Catatan tersebut akan sangat membantu Anda untuk mengingat sekian banyak lamaran yang Anda ajukan, jika sewaktu-waktu Anda mendapat panggilan wawancara.

Setelah semua hal itu dilakukan, janganlah lupa untuk tetap berdoa.

Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat berburu lowongan pekerjaan di suatu perusahaan. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES