Kesehatan

Anak Alergi Susu Sapi? Ganti dengan Makanan Ini

Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:07 | 178.32k
Ilustrasi. Tidak semua anak bisa mengonsumsi susu sapi.. (Foto: nbcnews.com)
Ilustrasi. Tidak semua anak bisa mengonsumsi susu sapi.. (Foto: nbcnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susu menjadi minuman pelengkap gizi pada anak-anak. Sebagian besar susu yang beredar adalah olahan dari susu sapi. Namun, tidak semua anak-anak bisa mengonsumsi susu sapi. Anak yang alergi terhadap susu sapi harus menghindari pelengkap gizi yang banyak manfaat ini.

Bagi orang tua yang memiliki anak yang alergi terhadap susu sapi harus memiliki cara lain untuk mencari makanan pengganti yang memiliki kandungan setara dengan susu sapi. Berikut alternatif makanan pengganti susu sapi yang bisa Anda berikan pada anak, dilansir dari 1health.id, Jumat (26/8/2016).

1. Kebutuhan Protein
Protein menjadi salah satu hal yang dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Susu sapi mengadung banyak protein, namun Anda bisa menggantinya dengan makanan lain yang aman untuk anak Anda. Tambahkan menu seperti ayam, ikan, seafood, susu kedelai, tempe, tahu dan kacang-kacangan.

2. Kebutuhan Lemak
Mencukupi kebutuhan lemak terhadap anak yang alergi susu sapi tidak sulit. Ada beberapa jenis makaan yang memiliki lemak baik. Untuk memenuhi kebutuhan lemak, Anda bisa berikan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun atau minyak kanola pada makanan utama mereka.

3. Kebutuhan Kalsium
Susu sapi merupakan sumber kalsium yang baik. Namun anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi harus memilih sumber kalsium lain yang lebih aman. Ganti susu sapi dengan oat, kedelai, almond, santan. Suplemen kalsium kadang juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada anak, namun sebaiknya konsultasikan ini ke dokter terlebih dahulu.

4. Kebutuhan Vitamin D
Tak mengonsumsi susu sapi bukan halangan untuk tetap memenuhi kebutuhan vitamin D. Banyak bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang banyak, seperti telur, mentega bebas susu, atau minyak hati ikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES