Kesehatan

Waspadai Gejala Mini Stroke Agar Tak Berakibat Fatal

Jumat, 26 Agustus 2016 - 03:39 | 44.93k
Ilustrasi. Waspadai gejala stroke mini. (Foto: redorbit.com)
Ilustrasi. Waspadai gejala stroke mini. (Foto: redorbit.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit stroke sudah menjadi penyakit yang ditakuti masyarakat. Sebanyak 30 persen penderita stroke diawali dengan gejala mini stroke. Transient Ischemic Attack (TIA), atau mini stroke memiliki gejala yang mirip dengan stroke. Mini stroke merupakan sumbatan pembuluh darah, tetapi berlangsung sesaat dan kondisi penderita bisa kembali normal sebelum 24 jam.

Bila gejala mini stroke dibiarkan saja hingga lebih dari 24 jam, kondisi tersebut bisa berubah fatal. Gejala mini stroke hampir sama dengan gejala stroke. Dilansir dari 1health.id, Jumat (26/8/2016), gejala mini stroke yang harus diwaspadai yaitu kebingungan sesaat, kesulitan berbicara, mengalami gangguan penglihatan, mengalami gangguan keseimbangan.

Meskipun gejalanya hampir sama, namun mini stroke tidak selalu menjadi awal peringatan terjadinya stroke. Mini stroke juga tidak menjamin seseorang akan terkena stroke karena sifatnya yang bisa kembali ke kondisi normal dalam waktu yang cepat. Hanya saja, bila Anda atau orang di sekitar Anda ada yang mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter meskipun serangan mini stroke sudah kembali ke keadaan normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES