Kesehatan

Stop Bersihkan Telinga Bayi dengan Cotton Bud

Kamis, 25 Agustus 2016 - 04:03 | 135.88k
Ilustrasi. Jangan membersihkan telinga bayi dengan cotton bud. (Foto: cloudinary.com)
Ilustrasi. Jangan membersihkan telinga bayi dengan cotton bud. (Foto: cloudinary.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan membersihkan kotoran telingan menggunakan cotton bud, terutama pada bayi harus segera dihentikan. Menurut dokter anak, David L Hill, mengeluarkan kotoran telinga dengan cotton bud justru dapat mengakibatkan kotoran telinga menumpuk.

"Dengan cotton bud, kotoran telinga dapat terdorong kembali ke dalam telinga, sehingga menciptakan penyumbatan yang bisa menyebabkan infeksi," ujar David L Hill, dilansir dari theasianparent.com, Kamis (25/8/2016).

David menjelaskan, saluran telinga sangat halus dan sensitif, terlebih lagi gendang telinga. Jika tersentuh dengan cotton bud bisa sangat berisiko, terutama untuk telinga bayi. Hal ini bisa mengakibatkan pecah gendang telinga dan dapat mengganggu pendengaran pada si buah hati.

Menurut David, cara yang tepat untuk mebersihkan telinga si kecil adalah dengan tidak menyentuh saluran telinganya, cukup menjaga kebersihan bagian luar telinga dengan menggunakan kain basah.

Telinga, lanjut David, sebenarnya sudah memiliki sistem yang baik untuk membersihkan diri sendiri secara alami. Sehingga dengan membersihkan secara teratur bagian luar telinga saat mandi, sudah cukup. Jika terjadi penumpukan kotoran pada telinga, bawalah ke dokter untuk pemeriksaan rutin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES