Gaya Hidup

Ini Dia 12 Jenis Makanan yang Tidak Direkomendasikan Ada di Kulkas

Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:23 | 249.58k
Ilustrasi, Makanan yang Tidak Direkomendasikan Ada di Kulkas (Foto: kompas)
Ilustrasi, Makanan yang Tidak Direkomendasikan Ada di Kulkas (Foto: kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kulkas atau lemari pendingn merupakan sebuah alat rumah tangga yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) yang digunakan untuk mengawetkan makanan.

Namun perlu diketahui jika ada beberapa jenis makanan yang ternyata lebih baik untuk tidak disimpan di dalam kulkas.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas...

Hal itu dikarenakan akan mengubah tekstur dan rasa dari makanan tersebut. Berikut TIMESIndonesia merangkum beberapa jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam kulkas, Rabu, (24/8/2016).

1.    Roti

Roti merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menjadi kering dan basi lebih cepat apabila disimpan ke dalam kulkas. Jika ingin roti dapat bertahan lebih lama anda bisa menyimpannya di tempat yang dingin namun kering, seperti kotak menyimpan roti.

2.    Melon

Dilansir dari Good Houskeeping, merekomendasikan untuk menyimpan buah melon di tempat lain, namun hanya sebelum anda memotong. Saat buah melon sudah dipotong, bungkus buah melon menggunakan plastik pembungkus makanan terlebih dahulu jika anda ingin menyimpannya di dalam kulkas.

3.    Pisang

Pisang merupakan buah yang berkaitan erat dnegan iklim tropis. Sel di dalam pisang tidak memiliki sistem perlindungan alami untuk melindungi pisang dari cuaca dingin, menurut informasi dari A Moment of Science.

Jika pisang masih hijau atau belum matang dan anda langsung menyimpannya di dalam kulkas, pisang tersebut tidak akan matang.

4.    Tomat

Harold McGee, dalam bukunya berjudul On Food and Cooking, mengtakan jika memasukkan tomat ke dalam kulkas sebenarnya akan merusak membran di dalam tomat yang akan dapat merubah rasa dan tekstur dari tomat.

Rasa dari tomat akan menghilang dan bisa berubah menjadi lebih berair dan tidak matang. Cukup disimpan di tempat yang sejuk dan rasa dari tomat akan bertahan selama beberapa hari.

5.    Kentang

Menurut Foods Standards Agency, kentang adalah salah satu jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena akan membahayakan.

Dalam situsnya, Food Standards Agency menulis ”Salah satu jenis makanan penting yang tak boleh disimpan di dalam kulkas adalah kentang.”

”Saat disimpan di dalam kulkas, unsur pati di dalam kentang akan berubah menjadi gula. Saat kentang di panggang atau di goreng, gula ini akan bercampur dengan asam amino asparagin dan memproduksi unsur akrilamida kimia, yang diyakini dapat membahayakan tubuh.” Tulis situs tersebut.

6.     Kopi

Jika anda memiliki kebiasaan menyipan wadah berisi kopi milik anda di dalam kulkas, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Biji kopi akan meresap bau dari lingkungan disekitarnya, dan tentu saja hal ini akan merubah rasa dari kopi tersebut. Cukup disimpan di lukar kuas dan simpan di dalam wadah berpenutup.

7.     Kue

Kue lebih baik disimpan di wadah berutup selama beberapa hari. Jika ada krim segar yang terdapat pada beberapa kue, kue boleh disimpan di dalam kulkas.

8.     Madu

Madu akan mengkristal jika ditempatkan pada di lemari es, hal ini menjadikan madu kurang segar dan cenderung bertestur keras.

9.     Alpukat

Menyimpan alpukat ke dalam lemari es, khususnya yang masih mentah di dalam kulkas, akan memperlambat proses pematangan alpukat. Jika menginginkan pematangan yang lebih cepat anda bisa menyimpannya ke wadag yang terbuka dan tidak di dalam kulkas.

10.   Bawang

Menyimpan bawang sebaiknya tidak di dalam lemari es, karena hal itu akan dapat mempengaruhi rasa makanan yang lain yang berada di dalam lemari es. Simpanlah bawang di tempat kering dan terbuka.

11.   Kemangi

Menyimpan kemangi kedalam kulkas hanya akan membuatnya cepat layu. Selain itu, kemangi juga dapat menyerap seluruh bau yang ada di sekitarnya. Jika anda ingin mendapatkan kemangi dalam kondisi baik, simpanlah kemangi dalam segelas air bersih layaknya bunga.

12.   Makanan Kaleng Terbuka

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, menyimpan makanan kaleng yang sudah terbuka di dalam kulkan dapat membuat logam dalam kaleng menyatu dengan makanan di dalamnya dan hal tersebut membahayakan bagi kesehatan anda. Sebaiknya, pindahkan makanan tersebut ke wadah kaca agar makanan tersebut tetap segar dan sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES