Olahraga

Belajar dari Sukses Inggris Raya di Olimpiade Rio

Senin, 22 Agustus 2016 - 13:57 | 25.45k
(Foto: sports.sindonews)
(Foto: sports.sindonews)

TIMESINDONESIA, INGGRIS – Inggris Raya menorehkan prestasi terbaiknya dengan menempati posisi ke-2 atau runner up dalam ajang Olimpiade Rio 2016. Meraih 27 emas, 23 perak, dan 17 perunggu, Tim Inggris Raya berada satu peringkat di bawah juara umum Amerika Serikat (AS) dengan raihan 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu.

Prestasi runner up yang diraih Inggris Raya di Olimpiade musim panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, menjadi prestasi terbaiknya sejak 108 tahun. 

Apa yang membuat Inggris Raya bisa sukses di ajang empat tahunan kali ini? Dikutip dari bbc.com, ada sejumlah cara Inggris Raya sukses.

Pertama, kenaikan anggaran dari pemerintah untuk persiapan olimpiade. Anggaran pemerintah untuk persiapan olimpiade terus meningkat. Pada olimpiade Atalanta (AS) 1996,  pemerintah mengeluarkan anggaran sebesar £ 5 juta. Pada olimpiade London 2012, dana yang dikeluarkan sebesar £ 264 juta. Hingga kini, anggaran antara 2013 dan 2017 untuk olimpiade dan paralimpiade, sebesar £ 350 juta.

Kedua, persiapan yang mendetail. Mahasiswa S-3 English Institute of Sport, meneliti kualitas tidur 400 atlet Inggris Raya. Pun dilakukan perbaikan sadel untuk atlet balap sepeda Inggris Raya, usai diteliti. 

Ketiga, muncul atlet berbakat di Inggris Raya. Meski pendanaan dan persiapan memadai, tidak cukup tanpa adanya atlet berbakat.

Kepala Eksekutif Olahraga Inggris Raya, Liz Nicholl mengatakan, Inggris Raya memiliki atlet berbakat yang direkrut dan diberikan sistem yang terbaik 

"Kami merekrutnya dan memberikan pelatih terbaik, sport science dan sports medic. Ini adalah sebuah sistem yang memberikan dukungan untuk atlet terbaik,” tegas Liz Nicholl. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES