Peristiwa Nasional Bersama Tamu Allah 2016

Pakai Paspor Ilegal, Jemaah Haji Indonesia Ditangkap di Filipina

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 14:42 | 97.15k
ilsutrasi paspor palsu. (Foto: okezone)
ilsutrasi paspor palsu. (Foto: okezone)
FOKUS

Bersama Tamu Allah 2016

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Petugas imigrasi di Bandara Manila, Filipina,  mencegat 177 warga negara Indonesia yang akan naik haji. pasalnya, para jemaah itu diketahui menggunakan paspor Filipina.

para jemaah haji itu dicegah sebelum naik ke pesawat, Jumat (19/8/2016) menuju Madinah, Arab Saudi.

BACA JUGA: Jemaah Wafat Jadi 12 Orang, 11 Ribu Lebih Rawat Jalan

Menurut keterangan resmi Kepala Imigrasi Filipina Jaime Morente, seperti dilansir dari VOA Indonesia, lima warga Filipina yang mendampingi jemaah Indonesia tersebut menuju tanah suci juga ditangkap.

BACA JUGA: 5 CJH Sidoarjo Gagal Berangkat Karena Gagal Ginjal

Diketahui, paspor yang diperoleh secara ilegal itu dilaporkan disediakan oleh para pendamping. setelah para jemaah haji asal Indonesia itu membayar mulai 6.000 hingga 10.000 dollar AS per orang, dengan menggunakan kuota haji yang diberikan Arab Saudi kepada Filipina.

Morente mengatakan, identitas jemaah Indonesia itu terungkap setelah didapati mereka tidak berbahasa Filipina.

Mereka kemudian mengaku sebagai warga negara Indonesia yang masuk ke Filipina secara terpisah sebagai turis.

Morente memerintahkan supaya semua jemaah segera dikenakan tuduhan melanggar peraturan imigrasi, karena mengaku sebagai warga Filipina dan sebagai orang asing yang tidak dikehendaki.

Para jemaah haji itu kini ditahan di rumah tahanan Imigrasi di Taguig City. sementara, kantor Imigrasi Filipina sedang bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri serta badan penegak hukum lain maupun juga dengan Kedutaan Besar Indonesia.

"Kini masih menyelidiki bagaimana paspor Filipina itu diperoleh dan juga untuk mengenali para jemaah sebelum mereka dideportasi," katanya.

Pihak kantor Imigrasi menambahkan, pihaknya menyelidiki dan memantau rombongan jemaah itu setelah Presiden Rodrigo Duterte mengatakan ada orang asing yang menggunakan paspor Filipina yang disediakan oleh pejabat-pejabat yang korup yang menangani urusan haji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : VOA

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES