Peristiwa Daerah

HMI Malang Ajak OKP Selamatkan Kedaulatan Agraria

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 03:19 | 36.88k
HMI Cabang Malang saat menggelar dialog kepemudaan di Malang. (Foto: Agus Salim/TIMESIndonesia)
HMI Cabang Malang saat menggelar dialog kepemudaan di Malang. (Foto: Agus Salim/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebagai upaya membangun sinergisitas antar organisasi kepemudaan, Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang menggelar dialog bersama lintas organisasi.

“Ini merupakan upaya untuk mewujudkan konsepsi bersama dalam membangun persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa,” ujar Ketua Bidang PTKP, Miftahul Arifin, saat usai berdialog yang diselenggarakan di sekretariat Kosgoro Jalan Pandan 5, Kota Malang, Jawa Timur, (19/8/2016).

Dialog tersebut mengambil tema “pembangunan dan kedaulatan agraria”, dengan pembicara Pakar Psikologi Sosial yang juga sebagai dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang,  Zainul Arifin dan seorang aktivis lingkungan sekaligus pendiri Ride for Environment and Conservational Action (RECON), Agni Istigfar.

Mifta menilai pembangunan infrastruktur yang saat ini gencar dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dapat menjadi boomerang bagi pemerintah. Ia katakan jika pembangunan tersebut dapat menjadi mengancam kedaulatan agraria.

“Di banyak, tempat kasus agraria merupakan kasus yang tak kunjung usai. Dengan dalih pembangunan, pemerataan, dan penataan, masyarakat harus tersisih dan kehilangan mata pencahariannya,” jelas Mifta.

Untuk itu, pihaknya menegaskan akan merangkul organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan yang ada di Malang raya, Jawa Timur untuk menyelamatkan kedaulatan agraria.

“Kami akan terus mengkonsolidasikan ini bersama lintas organisasi kepemudaan agar menjadi pemahaman bersama sebagai sebuah persoalan yang harus segera disikapi,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES