Peristiwa Nasional

Maskapai Indonesia Diizinkan Terbang ke Amerika Serikat

Kamis, 18 Agustus 2016 - 09:10 | 21.23k
Ilustrasi. Foto: nationalgeographic
Ilustrasi. Foto: nationalgeographic

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah satu dekade dilarang terbang ke Amerika Serikat, maskapai penerbangan Indonesia akhirnya diizinkan lagi terbang ke negeri Paman Sam.

Kepastian terbang ke Amerika Serikat ini muncul setelah Otoritas Penerbangan Amerika Serikat atau Federal Aviation Administration (FAA) menaikkan peringkat keselamatan penerbangan Indonesia ke kategori I. Artinya, maskapai penerbangan Indonesia dianggap sudah memenuhi standar keamanan FAA.

"Ini hadiah besar ulang tahun Indonesia," kata Direktur Jendral Peruhubungan Udara Suprasetyo menanggapi surat FAA yang dikeluarkan pada Senin (15/8/2016) lalu.

"Ini akan memiliki dampak yang sangat positif pada sektor penerbangan dan kepercayaan publik," tambahnya.

Dalam suratnya, FAA menyatakan upaya Indonesia meningkatkan sistem pengawasan telah membawa dampak positif.

Maskapai penerbangan Indonesia dilarang terbang ke AS sejak tahun 2007, setelah FAA menurunkan peringkat keselamatan Indonesia ke kategori II, menyusul serangkaian kecelakaan fatal di Indonesia.

Tidak hanya AS yang memberlakukan larangan itu, melainkan juga Uni Eropa. Namun larangan terbang ke Uni Eropa sudah dicabut beberapa waktu lalu.

Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo menyatakan ada beberapa maskapai Indonesia yang berminat membuka jalur penerbangan ke AS, tapi Garuda Indonesia yang paling siap dengan jumlah pesawat dan dan kru untuk memulai layanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES