Indonesia Positif Hari Merdeka

Ketika RT Gelar Upacara, Begini Suasananya

Kamis, 18 Agustus 2016 - 00:18 | 87.55k
Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan inspektur upacara ketua RT. (foto: ajp timesindonesia)
Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan inspektur upacara ketua RT. (foto: ajp timesindonesia)
FOKUS

Hari Merdeka

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Ada yang unik dalam peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI di Kota Purbalingga. , Sebagai ekspresi rasa syukur dan kebahagian warga RT pun upacara. 

Itu tampak di RT 4 Dusun Keputren, Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga Kota. Waga RT ini mengadakan upacara bendera peringatan dengan inspektur upacara ketua RT. Upacara sangat sederhana itu digelar di halaman Mushala Abu Salman (17/8/2016).

Acara yang digagas Ikatan Pemuda Keputren itu berlangsung khidmat. Dalam amanatnya, Ketua RT 4 Suriyah, menyatakan; "Kita mencoba untuk menggugah nasionalisme warga masyarakat di tingkat tata pemerintahan terkecil, yakni RT. Karena RT ini jadi bagian dari birokrasi terbawah sistem pemerintahan." 

Imam, salah satu tokoh masyarakat dan penggagas acara, mengatakan; "Mungkin ini pertama kalinya di Purbalingga ada upacara bendera di tingkat RT. Selama ini upacara identik di sekolah ataupun di instansi. Kita ingin menggugah jiwa patriotik dan kebangsaan masyarakat dari tingkat yang terkecil sekalipun yang selama ini seolah hanya menjadi penggembira dalam peringatan HUT kemerdekaan,'' ujanya yang juga diamini oleh Ketua Ikatan Pemuda Keputren Muhamad Ridwan.

Acara juga melibatkan ibu-ibu PKK yang bertugas menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Hadir juga para tamu undangan dari tokoh masyarakat dan sesepuh kampung. Usai upacara warga diajak makan lontong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES