Peristiwa Daerah

Begini Cara Perpusda Probolinggo Bikin UKM Goes Digital

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 21:28 | 60.77k
Pelaku UKM saat sosialisasi Kampung UKM Goes Digital (foto: Istimewa)
Pelaku UKM saat sosialisasi Kampung UKM Goes Digital (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Probolinggo kini diberi keleluasaan untuk menjajakan dagangannya via online. Itu menyusul kerjasama Kampung UKM Goes Digital antara Perpustakaan Daerah (Perpusda) Probolinggo dengan PT Telkom Indonesia Tbk.

"Ada bantuan sarana komputer dan edukasi bagi UKM terkait IT dan manajemen. Sarana prasarana berupa tempat, perpustakaan yang menyediakan," kata Kepala Bagian Arsip dan Perpustakaan Setkab Probolinggo, Santoso, Sabtu (13/8/2016).

Menurut Santoso, UKM akan diberi akses layanan internet gratis di perpustakaan. Juga memperoleh diskon 20 persen pengiriman barang lewat ekspedisi yang bekerjasama dengan Telkom.

"Nanti juga ada bantuan modal maksimal Rp 200 juta per orang lewat CSR (corporate social responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan, Red). Syaratnya, harus kelompok UKM digital," terang Santoso.

Saat ini, telah ada 50-an UKM yang tergabung, yang terdiri dari dua kelompok. Yaitu kelompok makanan dan minuman, serta kelompok kerajinan. "Nanti akan terus berkembang, karena kami sudah bersinergi dengan dinas terkait," lanjutnya.

Penanda tanganan kerjasama sendiri, dilakukan Kamis (13/8/2016). Perjanjian kerjasama ini dihadiri pula Bappeda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Kelautan dan Dinas Peternakan. 

Ada pula Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, serta dari beberapa desa di Kabupaten Probolinggo. Tujuan kerjasama ini agar pelaku UKM semakin maju, mandiri dan modern.

Dalam Kampung UKM Digital, Telkom akan memberikan dukungan ICT untuk pengelola dan UKM di kawasan Kampung UKM Digital berupa penyediaan sarana komputer, yang didalamnya terdapat aplikasi Pustaka Digital (PaDi) beserta kelengkapannya.

Kemudian penyediaan jaringan Indihome 3P (Telepon, internet, dan saluran IPTV), Wifi Corner (Wifi_ID Basic), Pelatihan dan Pendampingan untuk UKM member UKM Kampung Digital, dan Branding untuk UKM.

Di Kampung UKM Digital ini pula, akan dilakukan berbaga kegiatan. Selain pelatihan bidang manajemen, IT, juga ada pelatihan marketing, maupun penyediaan Broadband Learning Center. Seluruh kegiatan tersebut nantinya akan dipusatkan di Aula Pustakaloka Kantor Perpusda tanpa dipungut biaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES