Peristiwa Nasional

Soal Kebakaran, Menko Perekonomian Fokus Pencegahan

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 02:19 | 23.45k
Menteri koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Jumat, (12/8/2016) (foto: Eksplorasi.id)
Menteri koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Jumat, (12/8/2016) (foto: Eksplorasi.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan akan melakukan hal serius dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. “Soal pencegahan kebakaran ini penting, karena setiap kali kebakaran sudah terjadi, kita nggaK sanggup memadamkannya,” ujar Darmin.

Dari catatan Kementerian Perkonomian, diketahui jika kebakaran hutan terus terjadi setiap tahunnya selama 18 tahun terakhir. Namun anehnya, kebakaran tersebut hanya memiliki sebaran pada titik yang sama di lahan gambut, yang akhirnya menyebabkan kabut asap.

“Sebaran hotspot cenderung terjadi di daerah yang sama,” ujar Darmin dikutip dari laman resmi kementerian, Jumat, (12/8/2016).

Darmin menjelaskan, jika pemerintah harus melakukan upaya lebih awal sebelum terjadinya kebakaran, yakni pencegahan. Ia menagatakan pihaknya menggandeng seluruh pihak terkait baik pemerintah pusat (lintas kementerian dan lembaga), perusahaan swasta, pemerintah daerah, TNI dan Polri serta masyarakat.

Tak hanya itu, Ia juga akan menggandeng masyarakat internasional untuk dapat diajak turut serta terlibat dalam program pencegahan kebakaran.

“Sebab kalau kita berhasil mencegah kebakaran, emisi karbon akan lebih baik dan dunia turut menikmatinya,” jelasnya.

Dalam upaya pencegahan kebakaran ini membutuhkan biaya yang besar, mulai dari kebutuhan untuk patroli, deteksi awal hingga infrastruktur di crisis center. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES