Gaya Hidup

Biasakan Anak Makan Bersama, Ini Manfaatnya

Jumat, 12 Agustus 2016 - 18:16 | 127.59k
Ilustrasi. Makan bersama keluarga bermanfaat untuk anak-anak. (Foto: jezebel.com)
Ilustrasi. Makan bersama keluarga bermanfaat untuk anak-anak. (Foto: jezebel.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain memiliki banyak manfaat. Selain meningkatkan kebersamaan, makan bersama juga mengajarkan kepada anak kebiasaan makan yang baik. Jika selama ini Anda sudah terbiasa makan sendiri-sendiri coba ubah kebiasaan tersebut.

Para peneliti di Rutgers, State University of New Jersey, Amerika Serikat, menemukan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh anak-anak yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga. Berikut manfaat makan bersama keluarga untuk anak dilansir dari parenting.co.id, Jumat (12/8/2016).

1. Mencegah Obesitas
Kebiasaan makan malam bersama keluarga bisa mencegah terjadinya obesitas pada anak. Hal ini karena dengan makan bersama, asupan makanan yang dikonsumsi anak akan mudah dikontrol. Anak-anak akan makan dengan pengawasan orang tua.

2. Mendorong Konsumsi Buah dan Sayur
Saat makan bersama menu yang disajikan harus menu yang sehat. Pastikan ada buah dan sayur di meja makan. Saat orang tua makan buah dan sayur, anak-anak yang cenderung memiliki sifat meniru pasti meniru orang tuanya. Anak akan terdorong makan buah dan sayur, sehingga kebutuhan vitamin, serat, dan zat lainnya untuk anak bisa terpenuhi.

3. Mencegah Konsumsi Junk Food
Makan malam bersama bisa mencegah kebiasaan anak mengonsumsi junk food dan soft drink. Hal ini sangat berbeda jika ibu tidak pernah masak di rumah dan tidak jarang makan di rumah. Anak cenderung lebih memilih jajan atau makan di luar.

4. Pola Makan Lebih Baik
Makan bersama juga bisa mendidik anak untuk makan tepat waktu. Anak akan terbiasa makan sesuai dengan waktu, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan demikian pola makan anak lebih teratur dan lebih baik daripada anak makan sendiri tanpa kontrol dari keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES