Tekno

Bendung Penyelundupan, Iran Izinkan Impor iPhone

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 07:29 | 33.31k
Apple iPhone SE (Foto: forbes)
Apple iPhone SE (Foto: forbes)

TIMESINDONESIA, IRAN – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Iran akan membuka keran impor bagi perusahaan lokal untuk melakukan impor iPhone. Hal itu demi membendung maraknya penyelundupan ponsel pintar produksi Apple itu.

Kantor berita Tasnim melaporkan jika Kementerian Perdagangan Iran sudah meminta izin Organisasi Promosi Perdagangan setempat untuk memperbolehkan sembilan perusahaan Iran membawa iPhone masuk ke negara tersebut.
 
Meski dibatasi, toko-toko Apple tidak resmi justru bertebaran di pusat perbelanjaan kelas atas Teheran. Bahkan sebagian besar pemuda dan penduduk kaya Iran memiliki iPhone model terbaru.

Selama ini pemerintah Iran menutup mata terhadap penyelundupan masif produk telepon genggam dan produk negara Barat lain. Tapi Tasnim mengklaim jika dalam dua bulan terakhir penindakan telah dilakukan sehingga harga iPhone pun melonjak tajam.

Menurut Tasnim, Iran sedang bersiap mendaftarkan impor ponsel untuk pertama kalinya sebagai bagian dari upaya  mengurangi penyelundupan. Setelah sistem baru diberlakukan nantinya, hanya ponsel yang diimpor secara legal yang bisa dioperasikan.

Meski demikian, andai izin diberikan pun masih belum diketahui apakah perusahaan Iran bisa membeli iPhone secara internasional. Hal itu dikarenakan Iran masih dikenai embargo Amerika Serikat yang memblokir sebagian besar sistem perbankan internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Reuters

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES