Peristiwa Nasional Bersama Tamu Allah 2016

Sidak Penyedia Katering Haji, PPIH Libatkan Pakar Kuliner

Jumat, 12 Agustus 2016 - 13:14 | 37.65k
Inspeksi mendadak PPIH Daker Mekkah ke dapur penyedia katering haji (Foto: kemenag)
Inspeksi mendadak PPIH Daker Mekkah ke dapur penyedia katering haji (Foto: kemenag)
FOKUS

Bersama Tamu Allah 2016

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), terutama Daerah Kerja (Daker) Mekkah, terus memantapkan persiapan demi menyambut jemaah haji dari tanah air, termasuk dalam urusan katering.

Dipimpin langsung Kepala Daker Makkah, Arsyad Hidayat, tim katering melakukan sidak persiapan ke sejumlah perusahaan penyedia layanan katering bagi jemaah haji Indonesia. Tiga perusahaan yang ditinjau yakni Syalal Asiya di kawasan Kakiyah, Raghaib di Suqiyah, dan Remas di Az-Zaidi.

Tim katering PPIH Daker Mekkah sendiri diisi 5 pakar kuliner yang juga pengajar Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Mereka adalah Mandradhitya Kusuma, Anwari Masatip, Rahdiwansyah, Dhonny Yusuf dan Saripuddin. Selain itu, ada juga dua ahli sanitasi dan surveilance dari Kementerian Kesehatan - Sayekti dan Mugi Wahidin.

"Kita ada kawan-kawan dari STP yang ekspert dalam bidang katering. Ini masukan buat kita untuk peningkatan pelayanan konsumsi pada jamaah haji. Tahun ini ada lima pengawas katering dari tenaga ekspert dan ini menjadi energi kita untuk melakukan pengawasan supaya pelayanan katering lebih baik dari sebelumnya," ujar Arsyad.

Pengecekan kesiapan penyedia katering mencakup banyak hal, antara lain memastikan peralatan dapur sudah siap digunakan, mengecek sanitasi penyimpanan bahan, memeriksa food warmer dan memastikan tingkat higienitasnya.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan terkait dengan kualitas bahan baku, apakah sudah kadaluarsa ataukah belum. Juga terkait ketersediaan sumber daya (koki) yang berasal dari Indonesia untuk memastikan menu makanan bercitarasa Indonesia.

PPIH Arab Saudi telah melakukan kontrak kerja dengan 23 dapur pelayanan katering. Mereka akan menyediakan katering bagi seluruh jemaah haji asal tanah air ketika berada di Mekkah selama dua kali dalam 12 hari, yaitu untuk makan siang dan makan malam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES