Pendidikan

Full Program, Rapor UGM Terbaik Versi Kemristekdikti

Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:25 | 56.00k
Suasana di depan gedung pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogyakarta. (Foto: umg.ac.id)
Suasana di depan gedung pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogyakarta. (Foto: umg.ac.id)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), mendapatkan rapor terbaik dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Rapor itu terkait pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran semester 1 TA 2016.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan UGM, Muhammad Sulaiman, mengatakan Kemristekdikti melakukan evaluasi setiap semester. Aspek yang dinilai meliputi capaian kinerja anggaran dan fisik, progres pelaporan perjanjian kinerja serta progres status pengadaan barang dan jasa.

Sulaiman menyampaikan, capaian anggaran UGM sebesar 52,24 persen. Sedangkan capaian kinerja fisik mencapai 55 persen. Dengan hasil tersebut, UGM berharap optimal dalam kinerjanya pada semester berikutnya.

“Akhir tahun ini semoga bisa mencapai 95 persen,” ujarnya, Selasa (9/8/2016), dikutip dari laman ugm.ac.id.

Sementara itu, Direktur Keuangan UGM, Haryono mengatakan, salah satu penyebab optimalnya serapan anggaran UGM adalah adanya fasilitas dana talangan dari pihak universitas, seperti untuk penelitian dosen.

“Biasanya hibah penelitian dosen baru turun bulan Mei. Kita beberapa bulan misalnya sudah bisa memberi dana talangan dulu agar penelitian berjalan,” ujarnya.

Fasilitas dana talangan penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya kegiatan sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penelitian menjadi perhatian universitas, karena akan mendongkrak jumlah publikasi di jurnal. Kita pro aktif tetapi tetap sesuai koridor dalam menjalankan program dan kegiatan,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES