Peristiwa Daerah

Perkuat Media Siber Lokal, AJI Malang Gelar Pelatihan

Senin, 08 Agustus 2016 - 10:13 | 29.86k
suasana pelatihan pengelolaan konten media online lokal, yang digelar Aliansi Jurnalis Independen, di Hotel Ubud, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (8/8/2016). (Foto: Istimewa)
suasana pelatihan pengelolaan konten media online lokal, yang digelar Aliansi Jurnalis Independen, di Hotel Ubud, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (8/8/2016). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Terus tumbuh dalam kurun lima tahun terakhir, media siber - khususnya di Malang, pantas diapresiasi perkembangannya. Meski dikelola dalam skala kecil dengan sumber daya manusia dan teknologi terbatas, media siber berpotensi mengimbangi dominasi arus media utama yang didominasi kelompok media besar.

Dengan kontribusi konten berupa teks, foto audio hingga video, media siber mampu membuat berita lokal makin beragam. Dan untuk mendukung peningkatan kualitas konten berita, juga kapasitas pengelola media siber lokal, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang menggelar pelatihan manajemen konten media siber lokal.

Ketua AJI Malang, Hari Istiawan menyatakan pelatihan yang merupakan kerjasama antara AJI Malang, AJI Indonesia, D&P dan CFI France ini, akan digelar di Ubud Cottage mulai 8-9 Agustus 2016 dan menghadirkan pendiri serta direktur Dijonscpoe.com France, Sabine Torres.

"Sabine akan memberikan pengalaman membangun media siber multi platform seperti yang dikembangkannya di Prancis," ujarnya.

Dalam pelatihan nanti, pengelola media siber lokal akan dilatih melakukan kolaborasi antar media lokal, tukar pengalaman mengelola media lokal dan menjaga etik jurnalistik. Selain itu ada pula tips pemanfaatan sosial media, diseminasi informasi, manajemen konten, distribusi dan bisnis.

Pelatihan ini diharapkan bisa mendorong media siber lokal untuk bertahan di tengah persaingan korporasi besar yang merajai media siber. Tak hanya itu, media siber lokal juga akan didorong agar pengelolaanya lebih profesional, beretika dan independen - tak alakadarnya meski dikelola dengan sumber daya manusia dan modal terbatas.

Teknik pelatihan nantinya akan menggabungkan pola teori dan praktik di lapangan, sekaligus membedah masing-masing konten media siber yang dikelola masing-masing peserta. Diharapkan setelah pelatihan, tercipta kolaborasi antar media siber lokal dengan Independen.id, sebuah media aggregator plus.

Pelatihan ini diikuti 17 media siber lokal di Malang, Kediri, Bojonegoro dan Surabaya. Pelatihan serupa telah berlangsung di Denpasar, Yogyakarta, Purwokerto dan Lampung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES