Indonesia Positif Ketahanan Informasi Politik

Gus Udyn di Mata Warga Batu, Ini Kata Konco Udyn

Minggu, 07 Agustus 2016 - 13:12 | 108.50k
Gus Udyn sedang menikmati rujak di Dusun Tutup, Kota Batu. (foto: ajp)
Gus Udyn sedang menikmati rujak di Dusun Tutup, Kota Batu. (foto: ajp)
FOKUS

Ketahanan Informasi Politik

TIMESINDONESIA, BATU – Masyarakat Batu sepertinya sedang bersiap menyambut salah satu putra Batu untuk menjadi pemimpin daerah pada Pilkada Kota Batu 2017 mendatang. Figur itu adalah Gus Udyn, PNS Bappenas di Pemerintah Pusat yang memutuskan untuk  terjun ke kancah politik menjadi bakal calon walikota Batu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Begitu rangkuman dari beberapa Konco Udyn, komunitas sahabat dan teman-teman Gus Udyn di Batu.

Konco Udyn adalah komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan keprihatinan yang dirasakan dari teman-teman Udyn selama sekolah di Batu mulai dari TK hingga SMA. Keprihatinan yang sama juga dirasakan oleh sebagian besar tokoh dan masyarakat Batu pada umumnya. Keadaan inilah yang akhirnya menginisiasi dukungan untuk Gus Udyn agar dapat berpartisipasi di Pilkada Kota Batu 2017.

Mukhlis Usman, yang menjadi salah satu inisiator Konco Udyn, menyampaikan; "Kini era pemimpin mau mendekat dan mendengar suara rakyat,  bersih dari korupsi, punya visi maju untuk daerahnya, dan punya rekam jejak yang jelas dalam menyusun kebijakan publik dengan cukup baik. Gus Udyn dengan latar belakang sebagai perencana senior di Bappenas pusat, kami nilai punya kualitas itu, makanya kita tawarkan ke masyarakat Batu. Alhamdulillah penerimaan wong Batu sangat baik," terang Mukhlis, seorang petani di Kelurahan Ngaglik yang mengaku teman sekolah semasa di SMPN 1 Batu dan SMAN 1 Batu ini.

Riyanto, Konco Udyn, yang berprofesi tukang pangkas rambut asal Desa Pandanrejo menambahkan bahwa Udyn adalah sosok yang membumi. Punya latar belakang pendidikan memadai dan berpengalaman internasional tapi dapat bergaul akrab dengan segala lapisan masyarakat.

"Bahkan kromo inggilnya cukup fasih. Ketika silaturahmi dengan para pedagang di Pasar Batu terlihat Gus Udyn dengan telaten berdialog bagaimana pemerintahan dapat memfasilitasi mereka agar lebih berkembang."

"Gus Udyn asyik kalau ngobrol dengan anak muda. Dia bisa berbagi ide dengan teman-teman basket, anak band, dan komunitas anak muda lainnya. Gus Udyn menyampaikan pandangannya tentang tugas pemerintahan dalam memfasilitasi pelaku industri kreatif berkembang," ujar Saiful Rahman, aktivis Karang Taruna Kelurahan Sisir dan pemain band ini.

Joko Nurpraptono, petani bunga asal Desa Sidomulyo, menambahkan bahwa Gus Udyn sangat diterima warga desanya yang kebanyakan berprofesi petani. Kemauan mendengar dan berbicara dengan segala lapisan masyarakat membuat banyak simpati mengalir kepadanya.

"Jika Surabaya punya Bu Risma yang hebat, kita orang Batu punya harapan dapat pemimpin Batu seperti dia. Doakan saja mas agar Udyn dapat kesempatan di Batu. Udyn ini orang Batu asli, birokrat yang terbukti 'masih' bersih, santri, punya pergaulan luas, layak kita pilih untuk membuat Batu dan masyarakat Batu lebih bermartabat," urai Irul Supriadi, teman Gus Udyn semasa sekolah di SD Sisir 5 yang berprofesi petani dan pedagang hasil pertanian ini.

Itulah pandangan-pandangan Konco Udyn yang sangat optimis bahwa pria bernama lengkap Ahmad Muhyiddin Alghozy ini diharapkan akan dapat membawa Batu ke arah yang lebih baik, jika diberi kesempatan untuk memimpin Batu. Gus Udyn juga siap melepas statusnya sebagai PNS aktif sebagai konsekuensi pencalonannya.

Pilkada Kota Batu 2017 akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017, satu-satunya pilkada di Jawa Timur yang ikut pilkada serentak periode 2. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES