Peristiwa Nasional

Guru Bahasa Jerman Siap Ikuti Perkembangan Teknologi

Kamis, 04 Agustus 2016 - 19:43 | 86.30k
Tari Saman turut memeriahkan pembukaan Kongres Nasional Ke-VI IGBJI di Jakarta. (Foto: Igbji for TIMESIndonesia)
Tari Saman turut memeriahkan pembukaan Kongres Nasional Ke-VI IGBJI di Jakarta. (Foto: Igbji for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kongres Nasional Ke-VI Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) resmi dibuka di Goethe Haus Goethe Institut, Jakarta (4/8/2016). Pembukaan berlangsung meriah dan hangat. Selain seremonial, aneka hiburan juga menyemarakkan pembukaan, Di antaranya penampilan tari Saman.

Hadir pada pembukaan tersebut Kepala Pusat Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Bahasa Kemdikbud RI Prof Dr Emi Emilia, Alexander Thielitz (sekretaris Atase kebudayaan Kedutaan Republik Federal Jerman di Jakarta), Markus Biechele (kepala bagian Bahasa Goethe Institut Jakarta), serta 200 pengajar bahasa Jerman dari seluruh Indonesia.

Kongres yang mengambil tema Literasi TIK Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Demi Suksesnya Program Guru Pembelajar itu sendiri akan berlangsung hingga 7 Agustus nanti. Beragam kegiatan digelar selama kongres. Mulai dari pameran, seminar, dan kegiatan ilmiah lainnya.

Dalam sambutannya, Prof Emy mengatakan tema yang diusung kongres IGBJI kali ini sangat penting dan relevan dengan kebutuhan zaman. Tema literasi merupakan topik yang hangat dalam kaitannya dengan digalakkannya gerakan literasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini.

’’Literasi TIK merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh guru selain untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang TIK. Juga untuk dapat diaplikasikan di dalam pembelajaran demi untuk  meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang efektif dan efisien,’’ paparnya.

Sementara, Dewi Kartika, humas kongres, mengatakan, kongres ini sebagai bentuk kesungguhan bagi guru bahasa Jerman untuk terus up date informasi dan teknologi. ’’Lewat kongres ini guru bahasa Jerman siap terus mengikuti perkembangan teknologi terkini dalam pembelajaran,’’ katanya.

IGBJI merupakan organisasi profesi bidang pendidikan yang beranggotakan guru-guru bahasa Jerman di Indonesia. Organisasi yang lahir pada 1971 ini memiliki tujuan sebagai sarana komunikasi bagi guru bahasa Jerman untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES