Pendidikan

Penghafal Alquran Bebas Biaya di UIN Makassar

Rabu, 03 Agustus 2016 - 12:21 | 70.53k
Salah satu bangunan Kampus UIN Alauddin Makassar (Foto: uin-alauddin.ac.id)
Salah satu bangunan Kampus UIN Alauddin Makassar (Foto: uin-alauddin.ac.id)

TIMESINDONESIA, MAKASSAR – Kabar gembira bagi para hafidz di Indonesia. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, memberikan beasiswa bebas biaya kuliah bagi para penghafal Alquran yang lolos seleksi perguruan tinggi tersebut.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UIN Alauddin, Nuraeni Gani, mengatakan, beasiswa bagi penghafal Alquran berlaku pada semua jurusan. Pihak kampus telah melaksanakan program beasiswa khusus ini sejak lima tahun terkahir hingga kini.

"Kami bersyukur masih banyak yang bisa mendapatkan karena memang memiliki hafalan," ujarnya, Rabu (3/8/2016) di Makassar.

Beasiswa bagi penghafal Alquran ini, jelasnya, dibagi tiga tingkatan berdasar pada jumlah hafalan.

Mahasiswa yang hafal 1-10 juz akan bebas biaya kuliah selama dua semester. Lalu, yang hafal sebanyak 11-20 juz akan bebas biaya selama empat semester. Dan, bagi penghafal sebanyak 21-30 juz akan dibebaskan dari biaya kuliah selama delapan semester atau hingga lulus kuliah.

Dia menyampaikan, pihak kampus UIN Alauddin telah menyiapkan tim penguji untuk mengetahui jumlah hafalan dari setiap mahasiswa. 

Pada tahun lalu, sebanyak 10 beasiswa diberikan kepada penghafal Al Quran di sejumlah kategori. "Kami memang memberikan sesuatu yang spesial karena memiliki kemampuan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES