Peristiwa Nasional

Gunung Gamalama Meletus, Bandara Babullah Ditutup

Rabu, 03 Agustus 2016 - 09:17 | 58.93k
Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: okezone)
Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: okezone)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gunung api Gamalama, Ternate, Maluku Utara meletus pada Rabu (3/8/2016) pagi sekitar pukul 06.28 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, gunung setinggi 1.715 tersebut meletus eskplosif dengan kekuatan lemah dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi 500 hingga 600 meter.

Akibat peristiwa ini, Bandara Babullah di Kota Ternate, Maluku Utara, ditutup sementara sejak Rabu (3/8) pagi ini hingga Kamis (4/8) pukul 10.00 WIT. Bandara ditutup karena abu vulkanis gunung dapat membahayakan penerbangan.

"Hingga saat ini, tingkat aktivitas Gunung Api Gamalama masih Waspada (level II) dengan rekomendasi tidak boleh ada aktivitas penduduk dalam radius 1,5 kilometer," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho,

Letusan tersebut diduga dipicu gempa tektonik pada pukul 06.14 WIT dengan intensitas 4,6 skala richter. Menurut BMKG, pusat gempa berada pada titik 86 kilometer Barat Daya Halmahera Barat, dengan kedalaman 18 kilometer.

Guncangan gempa menyebabkan adanya tekanan dalam dapur magma Gunung Gamalama yang selanjutnya terjadi erupsi tipe eksplosif lemah. Suara gemuruh dilaporkan terdengar tiga kali. Hembusan abu mulai menurun pada pukul 06.55 WIT.

"Masyarakat belum perlu mengungsi. Kami mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan tidak termakan isu-isu yang sumbernya bukan dari PVMBG atau Pos Pengamatan Gunungapi Gamalama," ujar Sutopo.

PVMBG telah menyusun Volcanic Observatory Notice for Aviation (VONA) untuk peringatan sebaran abu vulkanik di udara. Dan untuk keselamatan penerbangan peringatan ini telah dibuat dan dikirimkan ke pihak-pihak terkait. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : BNPB

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES