Peristiwa Daerah

Targetkan ZIS Rp 6 M, Baznas Banyumas Gencar Sosialisasi

Sabtu, 30 Juli 2016 - 06:21 | 30.00k
Baznas Banyumas menargetkan perolehan ZIS sebesar Rp 6 Miliar di tahun 2016. (foto: tempo)
Baznas Banyumas menargetkan perolehan ZIS sebesar Rp 6 Miliar di tahun 2016. (foto: tempo)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas menargetkan bisa mengumpulkan ZIS dari warga Banyumas sebesar Rp 6 miliar pada tahun 2016. Pada tahun 2015 lalu terkumpul dari Zakat,Infak,Sedekah sebesar Rp3,8 miliar dari target Rp 2,5 miliar sehingga pihak Baznas optimis pada tahun 2016 target Rp 6 miliar bisa terpenuhi.

Untuk mencapai hal tersebut Baznas Banyumas aktif melakukan sosialisasi tentang keberadaan Baznas dan beragam layanananya kepada masyarakat Banyumas. Salah satunya adalah sosialisasi kepada institusi pendidikan yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Materi sosialisai salah satunya mengenalkan manfaat program yang digelar oleh Baznas untuk mengurangi kemiskinan di Banyumas," ucap H Umar, Ketua I Baznas Kabupaten Banyumas, Sabtu (30/7/2016).

Dengan adanya sosialisasi ini,diharapkan, pengumpulan zakat dapat meningkat, khususnya dari Jajaran Dinas Pendidikan, karena potensi yang sangat besar yang dimiliki.

“Sampai saat ini penerimaan sudah mencapai 5,1 M dan dinas Pendidikan sudah berkontribusi 900 juta,” kata Umar.

Umar juga menjelaskan Baznas mentaksarufkan (menyalurkan) zakat secara rutin kepada mustahiq (penerima zakat) setiap 3 bulan sekali dan setiap ada kejadian luar biasa seperti banjir, seperti yang terjadi pada bulan puasa lalu di beberapa wilayah di Banyumas.

“Selain itu zakat juga diberikan kepada masyarakat miskin untuk peningkatan ekonomi. Saat ini Baznas sedang uji coba pengentasan jajan sehat untuk anak-anak sekolah di SDN Locongdong dan MTs di Cilongok. Kantin dikelola oleh orang miskin, termasuk penjaga dan guru non PNS,” pungkas Umar.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES