Peristiwa Nasional Reshuffle Menteri 2016

Mengenal Sosok Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy

Rabu, 27 Juli 2016 - 16:32 | 178.91k
Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dalam Kabinet Kerja II (Foto: Istimewa)
Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dalam Kabinet Kerja II (Foto: Istimewa)
FOKUS

Reshuffle Menteri 2016

TIMESINDONESIA, MALANG – Muhadjir Effendy dipercaya oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan dalam Kabinet Kerja II. Di dunia pendidikan, sosok Muhadjir sudah tak diragukan. Ia mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Prof Dr H Muhadjir Effendy, MAP, lahir di Madiun, 29 Juli 1956. Ia Guru Besar Sosiologi, di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Universitas Negeri Malang.

Saat ini, dia menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan dan Kebudayaan.

Pendidikan terakhir pria yang tinggal di Jalan Pisang Kipas Dalam No-D, Kota Malang itu adalah doktor Ilmu-Ilmu Sosial Pasca Sarjana, Universitas Airlangga, Surabaya dengan disertasi berjudul "Pemahaman Tentang Profesionalisme Militer Di Tingkat Elit TNI-AD (Studi Fenomenologi pada Perwira Menengah TNI-AD di Daerah Garnizun Malang)”.

Pekerjaan yang pernah dijalaninya dibidang pendidikan yaitu menjadi dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, tahun 1986 sampai sekarang. Dosen Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Naik menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, tahun 2000 sampai 2016. Sebelumnya menjabat Pembantu Rektor I/Bidang Akademik, Universitas Muhammadiyah Malang,  tahun 1996 sampai 2000. Pembantu Rektor III/ Bidang Kemahasiswaan, Universitas Muhammadiyah Malang, tahun 1984 sampai 1996 dan Sekretaris PR III / Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BKK) IKIP Malang tahun 1986 sampai 1990.

Selain di dunia pendidikan, dia juga pernah aktif di dunia media. Dia pernah menjadi anggota tim Pembina Majalah Mahasiswa 'Spektrum" Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, tahun 2014.

Pendiri dan redaksi surat kabar kampus Universitas Muhammadiyah Malang BESTARI, tahun 1986 sampai sekarang.

Dia juga salah satu pendiri dan Redaktur surat kabar kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang, KOMUNIKASI, tahun 1982 sampai 2000. Redaktur surat kabar "Warta Mahasiswa", Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. RI., tahun 1978 sampai 1982.

Ia juga pernah menjadi wartawan majalah SEMESTA, Surabaya, tahun 1979 sampai 1980. Redaksi surat kabar kampus "MIMBAR" Universitas Brawijaya Malang, 1978 sampai 1980 dan wartawan Mingguan Mahasiswa, di Surabaya, tahun 1978.

Tak hanya itu yang Muhadjir jalani dalam karirnya. Dia juga ahli menulis banyak buku. Diantara judul buku yang sudah ditulisnya adalah "Bala Dewa". "Menata Kualitas Pendidikan Muhammadiyah". "Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia".

Selain itu, dia juga seorang pengamat militer. Buku yang ia karang diantaranya: "Jati Diri dan Profesi TNI: Studi Fenomenologi". "Profesionalisme Militer: Profesionalisasi TNI".

Dalam dunia pendidikan, dia juga banyak buku yang ditulisnya. Seperti "Masyarakat Equilibrium: Meniti Perubahan dalam Bingkai Keseimbangan". "Bunga Rampai Pendidikan". "Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan". Selamat bekerja Prof Dr Muhadjir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES