Peristiwa Nasional Reshuffle Menteri 2016

Ini Nama-nama Lengkap Reshuffle Jokowi

Rabu, 27 Juli 2016 - 07:37 | 95.22k
Ilustrasi Reshuffle Kabinet. (Foto: okezone)
Ilustrasi Reshuffle Kabinet. (Foto: okezone)
FOKUS

Reshuffle Menteri 2016

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tombol kereta perombakan kabinet alias reshuffle sebentar lagi dipencet Presiden Joko Widodo. Bahkan dikabarkan, pelantikan jajaran para wajah baru di kementrian itu akan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016) siang ini.

Beberapa namapun simpang siur diisukan keluar dan masuk bahkan ada juga yang ganti posisi. Kendati belum terkonfirmasi kebenarannya hingga pengumuman langsung dari Presiden sore nanti, namun nama berikut ini digadang gadang bakal masuk di cabinet Jokowi – JK. Mereka antara lain.

1. Budi Karya Sumadi

Masuknya nama Budi Karya sudah lama terdengar. Rencananya ia masuk dan akan ditempatkan sebagai Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan. Kesuksesan Budi menjadi Direktur Utama Angkasa Pura II disinyalir menjadi alasan kuat Jokowi untuk memangilnya.  

2. Archandra Tahar

Nama Archandra Tahar juga terdengar nyaring bakal masuk dan mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Tentu dengan masuknya Archandra, Sudirman Said dipastikan akan terpental dan tak lagi masuk kabinet.

Archandra merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.

3. Airlangga Hartarto

Nama Airlangga Hartato disebut akan masuk dan menggantikan Saleh Husin di Menteri Perindustrian. Masuknya nama Airlangga yang juga representasi dari Partai Golkar adalah bagian penting dari dukungan Golkar untuk pemerintahan Jokowi – JK.

4. Prof. Muhajir

Prof. Muhajir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Muhajir untuk menjabat Menteri Pendidikan Nasional menggantikan Anies Baswedan.

5. Eko Putro Sanjoyo

Eko Putro Sanjoyo adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

6. Asman Abnur

Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional(PAN). Sebelum Golkar, PAN juga lebih dulu menyatakan dukungannya kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Asman akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi.

7. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani kini kembali ke Indonesia setelah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro.

8. Enggartiasto Lukita

Enggar adalah politisi Partai Nasdem dan juga seorang  pengusaha. DIa pernah menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI). Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong yang digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

9. Wiranto

Wiranto saat ini menjadi Ketua Umum Partai Hanura. Namun, dia dipercaya Jokowi untuk menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Sementara Luhut diprediksikan akan mengganti posisi Menko Ekonomi dan Kemaritiman Rizal Ramli yang akan dibebas tugaskan.  Selain nama-nama diatas masuk juga nama Franky Sibarani yang sebelumnya Kepala BKPM masuk menjadi wakil menteri keuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES