Wisata

Rasakan Stroberi sebelum Nikmati Sunrise Bromo, Begini Rasanya

Senin, 25 Juli 2016 - 06:37 | 140.97k
Wisata petik Buah Stroberi di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo (foto: Istimewa)
Wisata petik Buah Stroberi di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pengunjung Gunung Bromo dari arah Probolinggo, tak hanya bisa menikmati panorana alam matahari terbit (sunrise), atau lainnya. Lebih dari itu, mereka juga bisa menikmati wisata petik buah stroberi.

Lokasinya di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Di sini, wisatawan bisa memetik buah stroberi, dan menikmatinya di beberapa gazebo yang telah disediakan. Posisinya juga di tepi jalan menuju Gunung Bromo.

Dengan posisi strategis tersebut, tak sulit bagi pengunjung menemukan wisata agro yang baru ada beberapa tahun lalu ini. Wisata agro ini berjarak sekitar 2,5 kilometer sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kebun dengan luas total sekitar 5 hektar yang dikelola secara berkelompok itu, mendapat dukungan pemerintah desa setempat. Bahkan Kades Jetak, Kermat, juga menjadikan lahannya sebagai kebun stroberi.

Camat Sukapura, Bambang Yulius mengatakan pihaknya ingin mendorong desa-desa lain di kawasan Gunung Bromo membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Badan ini, bisa mengelola tanah-tanah desa, dan dimanfaatkan menjadi kebun stroberi atau kopi.

Dengan seperti itu, wisata agro sebagai alternatif Gunung Bromo bisa tumbuh subur di Kecamatan Sukapura. "Nanti ada wisata kebun stroberi, kopi, dan sebagainya," katanya kepada TIMES INDONESIA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES