Peristiwa Nasional

Didanai Rp 22 Miliar, Kampus UIII Bakal Dibangun di Depok

Sabtu, 23 Juli 2016 - 17:01 | 41.10k
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Foto: jitunews)
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Foto: jitunews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah memantapkan rencana membangun kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Kampus dengan luas lahan sekitar 142 hektar itu diharapkan tuntas dan bisa beroperasi pada 2018 mendatang.

"Tanah aset negara yang dimiliki oleh Radio Republik Indonesia (RRI) tersebut, dinilai ideal dan strategis karena relatif dekat dengan Jakarta dan adanya akses jalan tol menuju lokasi," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pembangunan kampus tersebut merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Pembangunan nantinya dilaksanakan oleh dua tim atau satuan tugas, yakni tim yang bekerja membangun infrastruktur sarana fisik dan tim yang bertugas menyiapkan aspek non fisik seperti konsep visi, misi dan kurikulum pendidikan yang diharapkan dapat bekerja bersamaan dan paralel.

Terkait pendanaan, Kementerian Agama akan menyiapkan anggaran Rp 22 miliar di tahun 2016 ini. Anggaran itu diperoleh dari penghematan anggaran perjalanan dinas, rapat dan honor senilai Rp 6 miliar. Sedangkan Rp 16 miliar kekurangannya dimasukkan dalam pengajuan penambahan APBNP 2016.

Meski begitu, Wapres mengharapkan bisa dibuka penerimaan dana bantuan atau hibah dari luar negeri. Menurutnya, banyak negara yang menghargai inisiatif Indonesia mendirikan pusat kajian tentang Islam tersebut.

Soal desain, wapres pun berharap pembangunan UIII tak sembarangan dan asal jadi. "Harus modern dan futuristik, seperti membangun bandara saja. Jangan pakai identitas etnik tertentu. Nggak perlu pakai kubah-kubah seperti di Turki," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES