Graphic Bondowoso Republik Kopi

Perjuangan Panjang Republik Kopi

Sabtu, 23 Juli 2016 - 06:00 | 111.10k
Illustrasi: Senda Hardika Prasasti/TIMESIndonesia
Illustrasi: Senda Hardika Prasasti/TIMESIndonesia
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Secangkir kopi memiliki sejarah panjang. Aroma harum yang mengepul dari seduhan kopi, punya riwayat, perjalanan berliku hingga dinikmati di kafe-kafe di pelbagai belahan dunia. Menyesap secangkir kopi, saat ini menjadi gaya hidup dan sumber inspirasi di pagi hari. Bagaimana kondisi perkebunan dan kopi negeri ini?

Aroma kopi Nusantara mulai menyeruak di kafe-kafe Eropa dan Amerika. Kopi telah menjadi tren, bagian dari life style. Puncaknya, pada 14-17 April 2016 lalu, ketika kopi-kopi dari berbagai kawasan Indonesia mampu membawa daya tarik tersendiri. Laporan yang dilansir SCAA.org sebanyak 17 varian kopi Indonesia berhasil merebut perhatian dari penikmat kopi dunia.

Klik infografis di atas

Indonesia merajai Festival Kopi di Amerika Serikat pada April 2016 itu. Ajang yang digelar bertajuk Specialty Coffe Association of Amerika (SCAA) Expo 2016, di Atlanta, Georgia, meningkatkan peluang ekspor kopi Indonesia. Di festival ini, tampil 17 specialty coffe, di antaranya yang terkenal, Java Ijen Raung, Sumatra Lintong, Sumatra Solok Minang, Java Preanger, Java Estate, Sulawesi Toraja dan Papua Wamena. Kopi-kopi Nusantara bersanding dengan varian kopi dari berbagai negara, berbagai aroma. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Tria .A

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES